PT. MEGA CITRA BESTARI

Hindari Korsleting Listrik dengan MCB

Sudahkah anda tahu apa itu MCB? Rasanya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata itu bukan? Ya, keberadaan MCB sangat dekat dengan kita. Selalu ada di setiap rumah yang memiliki kwh PLN. Hanya saja, Anda mungkin belum terlalu paham tentang pengertian MCB dan apa fungsinya. Berikut penjelasannya.

Mengenal apa itu MCB listrik?

MCB adalah singkatan dari Miniatur Circuit Breaker merupakan saklar atau bagian dari komponen listrik yang berguna sebagai media pemutus aliran listrik terlebih bila sedang terjadi hubungan pendek arus listrik. Selain itu, muatan beban listrik yang berlebih (overload) dan adanya gangguan ke tanah (Ground Fault) juga dapat diatasi dengan adanya komponen tersebut.

MCB menurut wikipedia adalah pemutus rangkaian listrik yang khusus memutuskan arus listrik pada tegangan kerja atau arus hubung singkat. Prinsip kerjanya adalah menutup dan membuka kontak yang menghubungkan arus listrik.

Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas listrik yang tidak lebih dari 60A seperti instalasi listrik kategori kecil sampai menengah menggunakan Circuit Breaker jenis MCB listrik. Saklar ini dapat mendeteksi adanya gangguan pada arus listrik sehingga secara otomatis listrik akan terputus.

Cara memilih MCB listrik

Supaya dapat memilih jenis MCB listrik tidak bisa dilakukan asal-asalan. Terlebih dahulu harus mengetahui berapa besaran daya listrik yang dibutuhkan. Pada umumnya daya listrik yang biasa digunakan dirumah adalah listrik jenis AC 1 fase maka perhitungan yang digunakan harus sesuai yaitu rumus AC 1 fasa juga.

Misalnya pada sebuah rumah membutuhkan arus listrik sebesar 8 ampere, maka Anda sebaiknya memilih MCB listrik 10 ampere. Kenapa  tidak MCB listrik 8 ampere? Karena MCB listrik 8 ampere tidak dijual dipasaran.

Jenis-jenis MCB listrik

Pada dasarnya MCB listrik berdasarkan respons MCB terbagi menjadi 3 jenis, yuk cari tahu!

  • MCB Type B

Adalah salah satu jenis MCB yang banyak digunakan di rumahan atau industri skala kecil dengan besaran beban arus 3 sampai 5 kali lebih besar dari beban arus yang tertera di kotak MCB listrik.

  • MCB Type C

Jenis MCB listrik selanjutnya, dimana lebih banyak digunakan oleh industri sedang dengan besaran beban arus lebih besar 5 sampai 10 kali dari besaran arus maksimum yang tertera di kotak MCB listrik.

  • MCB Type D

MCB terakhir yang paling banyak digunakan untuk peralatan yang memiliki lonjakan tinggi seperti mesin las, mesin produksi dan lainnya dengan besaran beban arus lebih besar dari 10 sampai 25 kali dari besaran beban arus yang tertera di kotak MCB listrik.

Tipe MCB listrik yang direkomendasikan berdasarkan daya listriknya 

  • MCB C2, digunakan untuk daya listrik 450VA

Jika rumah Anda membutuhkan besaran daya 450 VA atau sama dengan 450 watt, maka sebaiknya Anda menggunakan MCB tipe ini dengan ukuran watt 2 ampere agar proteksi dapat bekerja secara optimal. Anda bisa menggunakannya untuk instalasi listrik bagian perdapuran, seperti penggunaan kulkas, penanak nasi dan pompa air.

  • MCB C4, digunakan untuk daya listrik 900VA

Jika rumah Anda membutuhkan besaran daya 900VA atau sama dengan 900 watt, maka sebaiknya Anda menggunakan MCB tipe C4 ini dengan ukuran watt 1 sampai 4 ampere agar penggunaannya menjadi lebih optimal. Anda bisa menggunakannya untuk instalasi listrik seperti komputer, televisi, kulkas dan lainnya.

  • MCB C6, digunakan untuk daya listrik 1300VA

Jika rumah Anda membutuhkan besaran daya 1300VA atau sama dengan 1300 watt, maka sebaiknya Anda menggunakan MCB tipe C6 ini dengan ukuran watt maksimal 6 ampere agar penggunaannya menjadi optimal. Anda bisa menggunakannya untuk instalasi listrik seperti AC, televisi, dan lainnya.

Rekomendasi MCB terbaik

Produsen sebuah sistem distribusi listrik yang ada di Eropa adalah Hager. Hager adalah solusi segala masalah kelistrikan bagi Anda. Perusahaan ini telah berkembang hingga 120 cabang diberbagai negara sehingga membuatnya menjadi merek yang terkenal. Sudah sejak tahun 2012 Hager memberikan kesempatan kepada PT Mega Citra Bestari untuk dapat menjadi distributor semua produknya di Indonesia.

Selain menjual produk Hager, PT Citra Bestari juga dipercaya untuk dapat menjadi salah satu distributor resmi produk Schneider Electrik. Semua produk yang dijual berkualitas tinggi namun harganya tetap terjangkau di kantong.

Berikut ini akan kami sajikan beberapa jenis MCB terbaik dan rekomended banget dari Hager dan Schneider Electrik untuk Anda gunakan.

  • MCB HAGER
MCB Hager

Salah satu produk dari Hager adalah MCB yang berguna untuk memutuskan aliran listrik apabila terjadi korsleting atau kelebihan daya. MCB ini telah terkenal karena memiliki daya tahan yang tinggi dan handal dalam mengatasi kendala tersebut.

  • MCB Box HAGER
MCB BOX HAGER

MCB Box adalah sebuah kotak yang dapat menyimpan beberapa MCB di dalamnya. Kotak tersebut dilengkapi dengan penutup untuk mencegah ketidaksengajaan Anda dalam mematikan aliran listrik.

  • Schneider MCB DOMAE
MCB DOMAE

Beralih dari produk Hager, ada juga produk dari Schneider yang tak kalah bagusnya. MCB Domae adalah produk final distribution kinerjanya terfokus pada residensial dan small building. Fungsi utama MCB ini adalah sama halnya dengan MCB pada umumnya.

  • Schneider MCB BOX
MCB BOX SCHNEIDER

MCB Box adalah kotak tempat MCB dengan tutup yang transparan dengan tingkat proteksi yang sesuai dengan IEC 60529 : IP 40. Bentuknya yang simpel dan menarik membuat produk ini banyak digunakan di ruko, hotel, apartement dan lainnya.

Setelah membaca penjelasan di atas, diharapkan Anda dapat memilih jenis dan tipe MCB yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga proteksi dapat menjadi optimal. Sebagai Distributor Hager Resmi di Surabaya dan Indonesia, PT. Mega Citra Bestari menyediakan MCB dan Box MCB dengan kualitas terbaik. Silahkan hubungi kami untuk konsultasi gratis mengenai kebutuhan MCB Anda.