PT. MEGA CITRA BESTARI

Mengenal Perawatan Lampu Supaya Awet dan Tidak Boros

Pada masa sekarang, lampu merupakan alat penerangan terbaik bagi masyarakat. Apalagi melihat dari manfaat dan teknologi yang telah berkembang sampai sekarang. Tentunya efektif menyajikan rumah yang terang dan berwarna.

Meski sudah sering memakainya, bukan berarti setiap orang telah paham cara merawat. Padahal cukup penting disebabkan akan digunakan seterusnya. Bukan hanya sebagai penghias melainkan menerangi kediaman dari gelapnya malam.

Salah satu langkah merawat paling penting bagi setiap masyarakat yaitu berkaitan dengan keawetan. Pastinya tidak boleh boros supaya fungsinya maksimal. Anda tidak perlu keluar banyak biaya maupun daya pemakaian.

Trik Merawat Lampu Tepat Supaya Fungsinya Awet

Lampu LED 5
https://www.pexels.com

Keawetan pemakaian lampu selama ini hanya dianggap dari lamanya jumlah menyalakan. Padahal masih banyak faktor lainnya kenapa Anda bisa boros. Pastinya penting mengetahui perawatan tepat supaya awet jika dipakai.

  1. Mengutamakan Fungsi Lampu

Salah satu trik penting yaitu mengenai langkah mengutamakan fungsi lampu tersebut. Pastikan supaya tidak melebihi penggunaan yang sebenarnya. Jangan terlalu berlebihan karena menyebabkan jumlah dayanya terlalu banyak.

  1. Memperhatikan Jumlah serta Ukuran

Pada dasarnya memperhatikan jumlah serta ukuran cukup penting dipikirkan. Biasanya banyak orang ingin memiliki ruangan yang paling terang. Jadi, memilih ukuran dan jumlah banyak padahal secukupnya saja sudah baik.

  1. Memperhatikan Materialnya

Tips lainnya yang penting dijalankan yaitu memperhatikan seperti apa materialnya. Umumnya jenis yang patut Anda pilih yakni tahan terhadap cuaca. Terutama supaya tidak overheat saat panas maupun tahan dari dingin.

  1. Memilih Lampu yang Hemat Energi

Tidak kalah pentingnya, Anda juga perlu memperhatikan supaya tepat dengan konsep rumah. Biasanya banyak yang menggunakan karena senang dengan desain. Padahal jika dibandingkan dengan konsep rumah kurang tepat dipakai.

  1. Menyesuaikan dengan Konsep Rumah

Melihat pertimbangan semacam ini, pastikan merencanakan desain serta pemilihan warna. Tujuannya supaya maksimal menggambarkan tema rumah tepat. Begitu juga saat nantinya akan dipakai pada suatu ruangan kediaman.

Selain itu biasanya terdapat jenis mahal yang kurang hemat bagi Anda. Belum lagi fungsinya tidak terjamin tepat bagi ruangan dan rumah. Jadi, perhatikan dengan betul mengenai manfaat serta jaminan keawetan.

Untuk mengetahui trik-trik lebih lengkap lagi, simak ulasannya pada artikel berikut Ingin Lampu Rumah Awet? Maka Lakukan Perawatan Ini

Cara Menghemat Pemakaian Lampu di Kantor Terampuh

Lampu LED 3
https://www.pexels.com

Kantor dapat dikatakan sebagai salah satu tempat yang membutuhkan banyak penerangan. Baik antara siang maupun malam selalu butuh penerangan melimpah. Tidak heran penting bagi pemilik kantor menyiapkan penerangan dengan baik.

  1. Mematikan Saat Tidak Dipakai

Salah satu cara menghemat penggunaan lampu kantor yaitu mematikan saat tidak dipakai. Hal ini mungkin dilakukan untuk penerangan utama pada ruangan kantor. Tentu ukurannya sangat besar sehingga membutuhkan daya besar.

Apalagi setiap meja sudah dilengkapi dengan lampu khusus berukuran kecil. Tentu dapat membantu penerangan karena daya dan pemakaian lebih minim. Tentu bisa semakin menghemat penggunaan lampu tersebut agar kerjanya stabil.

  1. Memakai Lampu Hemat Energi

Cara selanjutnya yang penting dilakukan yaitu memakai lampu hemat energi. Sekarang telah banyak dijual model seperti ini dan terjamin ramah lingkungan. Daya yang dipakai juga rendah serta memiliki keawetan tepat.

  1. Maksimalkan Fungsi Ventilasi di Kantor Anda

Tidak ketinggalan, pastikan supaya lebih banyak memanfaatkan ventilasi kantor. Terutama dengan cara membuka jendela maupun tempat yang mendatangkan cahaya lainnya. Tujuannya supaya bisa mengeluarkan cahaya alami.

Terlebih selain mampu menambah penerangan hemat daya, membuat udara banyak masuk. Kesegaran dalam ruangan kantor sekaligus dapat tercipta dengan baik. Tidak heran lampu bisa digunakan saat waktu sudah menjelang malam.

Untuk mengetahui cara menghemat listrik lebih lanjut lagi, silahkan cek pada artikel berikut ini Cara Menghemat Listrik Lampu di Kantor

Hitungan Watt Lampu Tepat Pada Kamar Tidur

Untuk menentukan seberapa banyak watt yang dibutuhkan tergantung pada ruangan. Misalnya bersifat general, artinya hanya membutuhkan 7-9 watt. Kisaran ini sudah maksimal ditambah tidak terlalu terang fungsinya.

Kemudian kalau ukurannya dekoratif dapat dikatakan berbeda disebabkan fungsi sebagai dekorasi. Biasanya hanya digunakan sekedar tambahan bukan utama. Tidak heran jika nilai hitungan yang dibutuhkan hanya sebanyak 6-8 watt.

Selanjutnya jika digunakan untuk anak-anak dapat dikatakan perlu dihitung khusus. Ternyata setidaknya membutuhkan sekitar 9-15 watt bagi ruangan mereka. Pastikan memakai penerangan normal supaya ruangannya jelas.

Selain mempertimbangkan soal hitungan watt, tidak ketinggalan penting untuk memperhatikan soal jenisnya. Setidaknya selalu disarankan LED bagi setiap ruangan. Terutama karena selain sedang tren, fungsinya terjamin tepat.

Tidak ketinggalan dalam memperhatikan watt terkadang disebabkan ingin menghemat. Selain memilih yang kecil, disarankan agar mematikan ketika tidur. Tujuannya supaya bisa menghemat daya sekaligus bayaran listrik.

Selanjutnya pastikan supaya selalu memperhatikan tentang aspek penunjang ruangan. Tidak lain seperti ventilasi yang menyebarkan cahaya alami. Jadi, saat tidur tidak terlalu gelap sekaligus mendatangkan penerangan bagus.

Hitungan watt lampu yang tepat untuk kamar tidur lebih lengkap lagi bisa Anda cek pada artikel berikut Berapa Watt Lampu untuk Kamar Tidur? ini Jawabannya

Penggunaan Lampu Kurang Tepat Penyebab Boros Listrik

Lampu LED 2
https://www.pexels.com

Dalam usaha Anda untuk merawat lampu, tidak ada salahnya memperhatikan soal pemakaian. Terutama kalau salah pastinya menyebabkan boros pemakaian daya listrik. Tidak lain kemudian pengeluaran beserta fungsi lampu menurun.

  1. Penggunaan Lampu Pijar TL, Mulailah Ganti dengan LED

Beberapa langkah yang menyebabkan pemborosan juga perlu dihindari secara maksimal. Misalnya dari awal selalu memaksa menggunakan lampu pijar TL. Padahal sangat disarankan supaya memakai LED sebagai pengganti utama.

Ternyata sudah lama dimengerti kalau lampu pijar tergolong sangat boros. Kemudian dengan munculnya LED bisa menambah pilihan yang lebih maksimal. Tidak lain bagi Anda yang memang berencana menghemat pemakaian listrik.

  1. Penggunaan Lampu Dobel

Penyebab lainnya dalam keborosan yaitu disebabkan memakai lampu dobel pada satu ruangan. Padahal seharusnya menggunakan sebuah produk saja sudah cukup. Apalagi kalau memakai dobel, artinya daya yang dipakai dua kalinya.

  1. Penggunaan Lampu Seharian Non Stop

Alasan selanjutnya sebagai penyebab boros yaitu menyalakan lampu seharian penuh. Pada dasarnya kebutuhan setiap orang berbeda misalnya untuk dipakai bekerja di rumah. Tapi sebenarnya lebih baik jika penerangannya alami.

Demi memaksimalkan supaya sempurna dalam pemakaian, pastikan paham tentang penghitungan penggunaan lampu. Anda harus memahami pada suatu ruangan butuh berapa watt. Termasuk tingkat keterangan beserta jumlah produknya.

Cari tahu informasi penggunaan lampu kurang tepat menjadi penyebab boros listrik lebih lengkap lagi pada artikel berikut, Pemakaian Lampu yang Membuat Boros Listrik

Perhitungan Watt Lampu Terbaik Agar Tidak Boros

Boros kalau dibiarkan pastinya membuat daya yang termakan terlalu banyak. Tidak menutup kemungkinan menyebabkan pemakaian kurang tepat pada sebuah ruangan. Terlebih sebenarnya terdapat standar penerangan yang tepat.

Kalau memperhatikan contoh, untuk teras setidaknya hanya butuh 60 lux. Kemudian kalau memasang pada ruangan tamu, harus memiliki 120-150 lux. Tidak ketinggalan menghitung mengenai panjang serta lebar ruangannya.

Jika menggunakan ruangan panjang 6 meter dan lebar 5 meter, pastinya butuh 20 watt. Daya seperti ini sudah standar sehingga dianggap cukup. Memutuskan terlalu berlebihan akan mendatangkan pencahayaan kurang nyaman.

Berkaitan dengan perhitungan output tepat juga harus Anda perhatikan secara tepat. Pastinya tidak boleh berlebihan sehingga menimbulkan sifat boros. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan juga menghitung menggunakan lumen.

Dalam perhitungan lumen ini, bisa mengambil contoh dari panjang 2 meter dan lebar 3 meter. Artinya membutuhkan setidaknya 1.500 lumen sebagai pilihan. Nantinya secara efektif memaksimalkan penurunan dan permasalahan.

Apapun kesan pencahayaan yang diinginkan, harus menghitung berdasarkan watt dan lumen. Tujuannya supaya kesan diperoleh sekaligus tidak menjadi boros. Pastikan selalu menghitung dulu kebutuhan demi maksud menangkal keborosan.

Beragam trik untuk merawat lampu tersebut pastinya penting dalam setiap keadaan. Apalagi bisa dimanfaatkan pada semua bangunan yang Anda tinggali. Termasuk jika di dalamnya menggunakan alat elektronik yang melimpah.

Pemborosan termasuk sebagai hal yang perlu dihindari oleh masyarakat. Terutama supaya pengeluaran menurun sekaligus bisa membantu menghemat pemakaian listrik. Hasilnya trik perawatan membantu pemborosan mustahil terjadi.

Simak : Penghitungan Watt Lampu Secara Tepat Menghindari Boros Listrik

Setelah mengenal perawatan lampu supaya awet dan tidak boros, saatnya Anda memperbarui perangkat di rumah agar mendukung upaya hemat listrik. PT Mega Citra Bestari dipercaya untuk memegang lisensi distributor resmi Philips, salah satu produk yang tersedia adalah MCB. MCB Hager sudah terkenal karena modelnya yang sangat modern dan kualitasnya yang superior. Temukan berbagai model MCB dan produk Hager lainnya pada PT Mega Citra Bestari. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.