PT. MEGA CITRA BESTARI

Listrik di Rumah Sering “Jetrek”, Apa yang Salah?

Listrik di rumah sering jetrek apa yang salah pastinya merupakan salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para penghuni rumah. Pada saat ini listrik merupakan salah satu kebutuhan dimana tanpa adanya hal tersebut maka seseorang tidak bisa beraktivitas secara maksimal. Sebab pada saat ini semua barang elektronik menggunakan listrik untuk menggerakkannya.

Namun terkadang listrik sering mengalami masalah dimana mengalami “jetrek” sehingga alirannya terputus, padahal suasana pada saat itu tidak terjadi pemadaman secara masal. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa terdapat masalah dimana sebagai pengguna wajib bagi anda untuk mengetahuinya. Dengan cara tersebut maka bisa memberikan penanganan dengan tepat.

Sebab apabila dibiarkan maka bisa memberikan efek buruk seperti terjadinya kebakaran, oleh sebab itu dengan mengetahui bagian mana yang mengalami masalah maka mempermudah anda dalam memberikan pertolongan pertama. Berikut beberapa informasi mengenai listrik di rumah sering jetrek, sebab kondisi seperti ini sering terjadi namun para penghuni masih kebingungan dalam melakukan apa.

Serta tidak bisa asal saja dalam mengambil langkah apabila tidak ingin memicu permasalahan besar. Apalagi permasalahan yang ditimbulkan akibat kerusakan ini sangat serius sekali, bahkan bisa memberikan kerugian banyak pihak apabila tidak ditangani dengan baik. Jadi sangat penting bagi semua orang mengetahui berbagai macam permasalahan harus dihadapi mengenai listrik.

Penggunaan Alat Listrik yang Berlebihan

Alasan utama mengapa listrik di rumah sering jetrek apa yang salah adalah penggunaan alat listrik secara berlebihan. Kondisi tersebut apabila tidak sesuai dengan ukuran MCB maka membuat listrik mati secara otomatis. Apabila terjadi hal seperti ini maka langkah yang harus diambil adalah melakukan pergantian penggunaan dari alat-alat tersebut. Jadi dengan cara tersebut maka daya listrik yang digunakan tidak berlebihan.

Jadi jangan menggunakan secara bersamaan, selain itu apabila memang seluruh benda tersebut adalah barang penting maka lebih baik menambah daya listrik di rumah sehingga menjadi lebih besar. Jadi dengan langkah tersebut maka bisa membuat penggunaan alat yang membutuhkan listrik bisa lebih banyak lagi tanpa harus digunakan secara berlebihan.

Namun apabila telah melakukan semua hal tersebut namun masih mengalami masalah maka dapat dipastikan bahwa terdapat masalah pada bagian MCB sehingga harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Sebab apabila terus dibiarkan maka bisa berakibat fatal dalam kenyamanan penggunaan listriknya. Oleh sebab itu sangat penting sekali melakukan perbaikan dengan ahlinya sehingga tidak menimbulkan masalah besar.

Telah Terjadi Kerusakan Pada Bagian MCB

Penyebab lainnya listrik di rumah sering jetrek  adalah terjadi kerusakan pada bagian MCB. Apabila hal ini terjadi maka jika menggunakan alat listrik secara normal walaupun tidak sampai batas maksimal watt maka tetap terjadi “jetrek”. Kondisi ini pastinya harus cepat diperbaiki agar MCB bisa beroperasi secara normal sehingga tidak terjadi masalah.

Untuk mengetahui terjadi kerusakan pada bagian tersebut maka jangan lupa untuk memperhatikan apakah terjadi masalah atau tidak. Salah satunya adalah melakukan pengecekan MCB dengan melihat apakah suhunya naik atau tidak. Selain itu perhatikan apakah bagian terminalnya mengalami gosong atau tidak. Apabila gosong maka menunjukkan terjadinya percikan api.

Apabila listrik di rumah sering jetrek karena masalah ini maka dapat disimpulkan kerusakan terjadi akibat adanya kabel longgar atau goyang. Namun apabila MCB dihidupkan kembali namun kembali bermasalah menunjukkan memang terjadi kerusakan sehingga harus meminta pertolongan dari pihak PLN sehingga bisa diganti baru atau diperbaiki.

Jadi jangan dibiarkan permasalahan ini sebelum terjadinya kebakaran, apalagi jika terdapat percikan api setelah MCB dihidupkan. Pastinya jika kebakaran terjadi maka yang sangat dirugikan adalah diri anda sebagai pengguna listrik. Apalagi jika kebakaran terjadi maka tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga rumah sekitar. Jadi jangan egois dan membahayakan orang lain akibat sikap teledor diri sendiri.

Adanya Kerusakan Pada Peralatan Listrik

Penyebab listrik di rumah sering jetrek adalah bisa jadi adanya kerusakan pada peralatan listrik, dimana jika konslet pada benda tersebut maka bisa memberikan efek kepada bagian MCB juga. Salah satu tanda jika terjadi konslet pada bagian peralatan listrik maka ketika menyambungkan peralatan tersebut ke saklar maka listrik akan padam mendadak.

Atau ketika mati ada baiknya untuk mencabut semua peralatan listrik dan hidupkan kembali, apabila hidup maka menunjukkan adanya masalah pada peralatannya. Namun apabila seluruh peralatan sudah dicabut kemudian MCB dihidupkan tetapi mati kembali maka menunjukkan adanya korsleting di rumah anda sehingga harus waspada. Sebab kondisi seperti itu bisa menyebabkan kebakaran.

Namun apabila dikarenakan oleh sebuah benda maka segeralah memperbaikinya atau tidak menggunakannya lagi. Tetapi pastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan orang ahli sehingga tidak akan terjadi korsleting listrik lagi. Oleh sebab itu inilah beberapa info mengenai listrik di rumah sering jetrek. Jadi dengan mengetahui info ini bisa mencegah hal buruk yang bisa merugikan banyak pihak.