PT. MEGA CITRA BESTARI

Fungsi Box MCB yang Sering Ditemukan di Instalasi Listrik

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja fungsi box MCB, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kotak ini karena biasa digunakan di instalasi listrik. Kotak ini sendiri tersedia dalam berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Tentunya ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan box ini, sehingga tidak perlu berpikir 2 kali untuk menggunakannya. Box ini sendiri merupakan tempat untuk meletakkan MCB agar instalasi listrik berfungsi dengan baik.

Di pasaran sudah tersedia 2 model yaitu model inbow dan outbow, untuk model inbow bisa diletakkan di dalam dinding sedangkan outbow diletakkan di permukaan dinding. Berikut beberapa fungsi yang dimiliki box ini sehingga Anda sadar sepenting apa benda ini.

Melindungi dari Benda Asing

Biasanya box MCB diletakkan di tempat tinggi, tujuannya agar terhindari dari jangkauan anak-anak sehingga tidak membahayakan mereka. Namun tidak menutup kemungkinan jika terdapat benda yang terlempar dan mengenai box ini.

Efeknya bagian MCB akan mengalami gangguan, bahkan tidak menutup kemungkinan jika mengalami kerusakan. Tentunya hal ini sangat berbahaya sehingga tidak heran jika fungsi box MCB yang utama adalah melindungi agar tidak terjadi kerusakan.

Jika terjadi kerusakan bisa menimbulkan kebakaran akibat arus singkat, pastinya kebakaran merupakan ancaman besar karena selain menghabiskan bangunan, kebakaran juga bisa menyebar ke bangunan lain dan memakan korban jiwa.

Inilah alasan mengapa setiap bangunan harus memiliki box ini, sebab MCB merupakan bagian vital sehingga harus ada alat pelindung khusus sehingga aman.

Agar Bagian MCB Tidak Kemasukan Hewan

Fungsi box MCB lainnya selain membuat MCB tidak terkena benda asing maka menghindari masuknya hewan ke dalam tempat tersebut. Salah satu hewan yang menjadi ancaman adalah cicak, karena hewan ini sering berada di dinding.

Tidak heran jika cicak memiliki kesempatan besar untuk masuk ke dalam, jadi dengan adanya box ini maka jalan masuk untuk cicak bisa terhindari. Selain cicak, hewan lain yang bisa merusak dan masuk ke dalam MCB adalah tokek.

Pastinya kerusakan yang dihadapi jika sampai tokek masuk lebih parah, karena ukuran tubuh tokek yang besar sehingga memicu kerusakan besar. Jadi walaupun terhindar dari anak-anak maka kesempatan untuk MCB dirusak hewan lebih besar kemungkinannya.

Apalagi cicak dan tokek merupakan hewan yang sering ditemukan di Indonesia bahkan di bangunan yang ada penghuni sekalipun. Jadi fungsi box MCB sangat penting sekali sehingga wajib digunakan.

Terhindar dari Human Error

Walaupun MCB diletakkan di tempat tinggi agar terhindar dari manusia namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi human error. Oleh sebab itu pada saat inilah fungsi dari box MCB Anda rasakan.

Sebab tidak menutup kemungkinan jika bangunan tersebut akan dilakukan pemeliharaan seperti mengecat tembok. Tentunya aktivitas seperti ini bisa membuat orang yang mengecat tembok bisa tersengat listrik apabila melakukan pengecatan di sekitar MCB yang tidak terlindungi.

Jadi fungsi box MCB agar pekerja menjadi aman maka penting untuk menggunakan kotak pelindung, dengan adanya hal ini maka MCB tidak mudah tersentuh. Jadi dapat dikatakan kotak ini tidak hanya melindungi MCB saja tetapi benda yang dekat dengannya.

Oleh sebab itu untuk memberikan keamanan tinggi dan terhindar dari kebakaran maka wajib untuk menggunakan kotak ini. Sebab tidak boleh menganggap remeh instalasi listrik jika ingin aman ketika beraktivitas di sebuah bangunan.

Penting untuk Anda mengetahui manfaat dari kotak ini sehingga wajib menggunakannya. Banyak nyawa dan harta benda akan terselamatkan jika Anda memanfaatkan fungsi box MCB.

PT Mega Citra Bestari merupakan authorized distributor Schneider di Indonesia sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memesan MCB Box Schneider dengan kualitas terbaik di PT Mega Citra Bestari. Segera lakukan pemesanan dengan cara menghubungi kontak yang telah kami sediakan.