PT. MEGA CITRA BESTARI

Cara Menggunakan Multitester ke Circuit Breaker dengan Tepat

Cara menggunakan multitester ke circuit breaker sangat penting untuk Anda ketahui dan pelajari lebih dalam. Karena, alat tersebut bisa digunakan sebagai salah cara untuk menguji bagaimana keadaan listriknya.

Apakah dalam kondisi bagus atau membutuhkan perhatian khusus. Harus diingat, Circuit Breaker ini merupakan komponen paling penting di dalam Rumah. Harus dipastikan benar tidak ada masalah khusus.

Jika, hal itu terjadi kemungkinan terjadinya electric overload atau disebut dengan konslet sangat tinggi. Seperti diketahui, sebuah kantor atau hunian yang mengalami kejadian tersebut berpotensi mengalami kebakaran hebat.

Sebenarnya ada alat khusus untuk melakukan pengujiannya. Hanya saja, memanfaatkan Multitester jauh lebih baik dan mudah. Selain itu hasilnya akurat karena pengukurannya cukup lengkap mulai dari volt, ampere serta ohms.

Anda tidak harus menunggu seketika pengujian. Saat itu juga akan diketahui bagaimana hasilnya. Apalagi, cara menggunakannya sendiri mudah. Hanya saja, ada beberapa poin penting harus diperhatikan.

Cara Menggunakan Multitester ke Circuit Breaker

Dalam pengujiannya, Anda tidak boleh sembarangan. Harus diketahui terlebih dulu berbagai trik yang harus dilakukan. Perlu diingat, Pemutus Sirkuit ini adalah bagian dari listrik. Bila dilakukan sembarangan sangat berbahaya.

Risikonya besar, bisa ke seluruh barang elektronik, atau membuat tegangan tinggi dan mengalir ke tubuh Anda. Oleh karena itu, sebelum mengujinya pastikan terlebih dulu seluruh area terbebas dari air.

Jika, melihat ada genangan harap di pel terlebih dulu atau dibersihkan hingga benar-benar kering. Air adalah penghantar listrik paling baik. Masih ada satu tetes saja resikonya adalah nyawa Anda sendiri.

Disarankan dalam pembersihan jangan memakai kanebo. Lebih baik kain kering saja, setelah meresap air langsung ganti, begitu seterusnya sampai kondisinya bebas dari air. Pastikan dalam pengujian memakai alas kaki.

Setelah memastikan semuanya kering, lakukan beberapa petunjuk serta uraian singkat bagaimana caranya melakukan test pada pemutus sirkuit menggunakan alat multitester. Simak hingga selesai dan coba praktekkan di Rumah atau kantor.

  1. Cara Menggunakan Multitester ke Circuit Breaker Semua Harus Mati

Poin selanjutnya, cobalah mematikan dulu semua perabotan rumah, atau perangkat elektronik yang masih tersambung listrik. Pastikan berada dalam kondisi off, bila perlu cabut dari stop kontak, agar tidak ada daya.

Kondisi ini sebagai langkah pencegahan, bila saja kondisi circuit tersebut sudah rusak. Takutnya, sisa listrik akan menghasilkan arus pendek yang mengakibatkan perabotan jadi bermasalah atau bahkan, terjadi arus pendek.

Lakukan hal tersebut tanpa terkecuali, termasuk lampu serta aktivitas pengisian daya sejenis laptop, Smartphone atau SmartWatch. Kemudian, lakukan pemilahan dan lihat circuit mana yang akan dilakukan pengujiannya.

  1. Cara Menggunakan Multitester ke Circuit Breaker Dengan Beberapa Settingan

Berikutnya, coba dulu lakukan settingan atau pengaturan pada alat tersebut, biasanya disebut dengan AC Volts. Dalam alat pengukur tersebut ada dua jarum. Keduanya akan menunjukkan bagaimana keadaan dari Circuit Breaker.

Untuk mengetahuinya, letakkan satu jarum ke bagian sekrup terminal di breaker. Masih ada sisa satu lagi, coba tempatkan pada sekrup di bagian bawahnya. Tempat tersebut terletak tidak jauh dari besi.

Atau lebih tepatnya ada di bagian kanan dari panel listrik. Biasanya, setelah menghubungkannya jarum pada layar multitester akan bergerak. Kondisi tersebut tidak jauh berbeda bila memakai jenis digital.

Cara menggunakan multitester ke circuit breaker berikutnya adalah melihat bagaimana pergerakannya. Jarum di alat ini akan menunjukkan bagaimana kondisi sebenarnya voltase Anda. Paling mudah adalah menunjukkan angka 0.

Artinya, keadaan pemutus sirkuit tersebut benar-benar rusak dan harus ada perbaikan segera, Bila Anda bingung membacanya, cobalah bertanya kepada teknisi. Mereka akan memberikan jawaban secara tepat dan benar.

Cara Menggunakan Multitester Tidak Hanya ke Circuit Breaker   

Multitester sebenarnya, bukan hanya untuk mengukur Pemutus sirkuit saja. Fungsinya masih banyak lagi seperti, mengukur arus listrik. Bisa di stop kontak, atau pada kabel. Caranya tidak jauh berbeda.

Letakkan saja dua jarum pada alat tersebut ke media pengujian. Perlu diingat, jarum tersebut menjadi pertanda besar. Apakah arusnya masih ada atau tidak, tegangan akan terjadi dan pasti bergerak.

Dari sini juga Anda pasti juga tahu fungsi lainnya untuk mengukur berapa tegangan listrik. Jika, terlalu tinggi jangan digunakan karena, bisa merusaknya. Harus diingat, semua perabotan akan awet bila stabil.

Alat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengujian lain seperti, seberapa hambatannya. Semuanya dapat dihitung dengan mudah. Hanya saja, Anda harus tahu dulu langkah-langkahnya, tenang mudah untuk dipelajari.

Hanya terkendala masalah bahasa saja, tetapi setelah tahu maksudnya seperti apa pasti, tidak akan kesulitan. Fungsi terakhir biasanya digunakan sebagai pengukur sinyal. Baik digital atau analog, semuanya diberi kemampuan tersebut.

Maksud dari sinyal ini adalah sebuah gelombang pada rangkaian elektronika. Kondisi ini memang sedikit rumit. Tetapi, dengan bantuan multitester semuanya akan menjadi lebih mudah. Karena, gelombang tersebut terpancar dari listrik.Sistem kelistrikan memang sedikit rumit dan mengandung risiko besar. Oleh karena itu, Anda harus pelajari benar bagaimana cara menggunakan multitester ke circuit breaker, agar tidak menimbulkan bahaya besar. 

PT Mega Citra Bestari merupakan authorized distributor Schneider dan Hager di Indonesia yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Anda dapat memesan MCB Schneider dan MCB Hager dengan kualitas terbaik di PT Mega Citra Bestari. Segera lakukan pemesanan dengan cara menghubungi kontak yang telah kami sediakan.