PT. MEGA CITRA BESTARI

Saklar-Saklar Listrik yang Harus Kamu Ketahui

Para lelaki pastinya sudah banyak yang mengetahui perihal saklar. Namun, bagi wanita masih sangat asing bahkan tidak mengetahui bagaimana bentuk saklar dan apa fungsinya. Bahkan jenis dari saklar tidak hanya satu jenis saja loh. Yuk simak penjelasannya!

Jenis-Jenis Saklar yang Harus Kamu Ketahui

cara membersihkan saklar lampu
  • Push Button Switch (Saklar Tombol Dorong)

Push Button Switch atau saklar tombol dorong dapat menghubungkan aliran arus listrik ketika ditekan tombolnya. Kemudian kembali off  setelah dilepas. Umumnya saklar tombol dorong digunakan untuk susunan elektronik yang dipadukan dengan rangkaian pengunci.

  • Toggle Switch

Yang kedua adalah Toggle switch yang digerakan dengan tuas atau toggle ke salah satu posisi dari dua atau lebih posisi yang ada, dengan tujuan menyambungkan aliran listrik atau justru sebaliknya.

  • Selector Switch

Saklar pemilih (selector switch) merupakan jenis saklar listrik yang diaplikasikan dengan cara memutar. Biasanya digunakan pada rangkaian listrik yang memiliki fitur on dan off baik itu dua, tiga atau bahkan lebih. Penggunaannya bisa diputar secara manual menggunakan tangan agar posisinya sesuai.

  • Saklar Mekanik

Saklar mekanik banyak digunakan untuk proteksi rangkaian dan otomatisasi. Nah, Nantinya saklar akan secara otomatis ON or OFF saat parameter telah mengalami perubahan. Misalnya untuk kepentingan tekanan, posisi dan temperatur. Saklar akan berubah ON atau OFF jika settingan yang dipilih sudah berhasil dilakukan. 

Saklar satu ini memiliki jenis yang beragam, mulai dari Temperature Switch, Limit Switch, Level Switch, Flow Switch dan Pressure Switch. Keseringan diaplikasikan pada mesin Magic Com.

  • Limit Switch

Seperti yang Anda ketahui, saklar ini biasa digunakan untuk kepentingan industri perusahaan. Fungsinya sebagai pengaman, penguncian, pengendali hingga menghitung objek yang melewati satu titik.

Baca Juga : Ragam Jenis Saklar Listrik dan Informasi Lengkapnya

Posisi Saklar Listrik yang Benar

cara pasang saklar lampu

Setelah mengetahui jenis-jenis saklar, Kenali posisi saklar dengan baik dan perhatikan saat pemasangan. Fungsi saklar ini sangat penting yakni menghubungkan serangkaian perangkat elektronik yang membutuhkan aliran listrik sehingga tidak boleh dipasang sembarangan.

  1. Posisi Saklar Listrik Benar Sejajarkan dengan Tubuh

Bagi rumah yang menggunakan banyak saklar lampu, alangkah lebih baiknya memasang saklar dengan baik dan benar. Posisi pertama pemasangan saklar harus sejajar dengan tubuh rata-rata anggota keluarga.

  1. Saklar dengan Ketinggian 140-150 cm

Posisi saklar yang paling ideal berada pada ketinggian sekitar 140 hingga 150 centimeter. Dengan ketinggian tersebut, siapapun dapat menjangkau tegak lurus tanpa harus mengalami kesulitan. Pemasangan kipas angin pada ruang tamu misalnya.

  1. Memasang Saklar Di Bawah Dinding

Untuk menentukan posisi kedua, Anda bisa memasang saklar di bawah dinding untuk kebutuhan yang jarang dipencet. Saklar jenis ini diperuntukkan untuk barang elektronik seperti kulkas, TV, wifi, hingga telepon.

  1. Saklar Berada di Tengah Dinding

Pada posisi ketiga, pahami dengan baik bahwa posisi memasang saklar harus berada di tengah-tengah dinding. Hampir sama posisinya sejajar dengan tubuh. Namun maksud tengah-tengah dinding ini berada pada posisi lebih bawah. Fungsi dalam memasang saklar ini seperti HP, laptop, dan lemari es. Letak pemasangan kami sarankan di samping meja supaya mudah dijangkau pengguna.

  1. Posisi Saklar di Atas

Urutan keempat, berlaku untuk kepentingan perangkat elektronik seperti halnya AC. Ketinggian memasang saklar pada posisi atas harus memiliki jarak maksimal 20 cm dari plafon rumah.Hal  ini membuat kabel listrik AC menjadi lebih rapi, karena tidak terlalu ke bawah atau atas.

  1. Posisi Saklar di Lantai

Posisi yang terakhir pemasangan saklar yang digunakan adalah untuk arus listrik di lantai. Pemasangan dilakukan guna kepentingan outdoor atau resto. Berhubung pemasangan dilakukan pada permukaan lantai, otomatis perlu pengaman tambahan agar tidak terjadi korsleting listrik.

Apabila diperhatikan posisi memasang saklar ini harus dipelajari sesuai karakteristik setiap rumah. Usahakan menerapkan 5 posisi saklar listrik dengan benar agar arus listrik berjalan efektif.

Baca Juga : 5 Posisi Saklar yang benar, jangan pasang asal-asalan

Apakah Saklar Lampu yang Panas Normal?

Saklar lampu yang panas tentu saja tidak normal. Kemungkinan terjadi karena kualitasnya yang kurang baik dan tidak sesuai dengan produk SNI. Biasanya yang paling serin terjadi pada kabel yang menghantarkan arus listrik. Bila dibiarkan dapat menimbulkan kebakaran.

Kondisi saklar yang panas ini juga dapat terjadi karena adanya kotoran atau karat yang menempel. Dalam jangka panjang akan terjadi korosi. Padahal hal ini sangat sulit untuk diatasi  dan peluang untuk memperbaikinya kecil sekali. Keadaan ini yang membuat listrik berjalan tidak lancar.

Seharusnya dapat berjalan menuju objek utama tetapi harus berhenti dalam waktu cukup lama. Secara tidak langsung, akan ada beban berlebih. Apabila tetap dilanjutkan maka berpengaruh pada berbagai mekanisme pendukung.

Baca Juga : Apakah saklar lampu terasa panas itu normal?

Cara Membersihkan Saklar Listrik, Pahami Ini Dulu!

Supaya tidak terjadi kerusakan, kotoran yang menyumbat atau korosi, ada baiknya untuk memahami dengan baik hal-hal dibawah ini.

  • Matikan Seluruh Aliran Listrik

Langkah awal yang dilakukan adalah mematikan seluruh aliran listrik supaya lebih aman ketika sedang membersihkan saklar listrik. Apabila tidak ingin mematikan listrik tidak menjadi masalah, namun Anda wajib memakai sarung tangan agar dapat mencegah aliran setrum.

  • Mengelap Tangan Sampai Kering

Selain itu, sebelum bersih-bersih wajib mengelap tangan hingga kering. Mengingat dalam keadaan basah aliran listrik dapat membuat tersetrum, sehingga berbahaya serta resikonya fatal bahkan dapat mengakibatkan cedera.

  • Mematikan Saklar ke Posisi Off

Jangan lupa mematikan saklar ke posisi off supaya tidak ada aliran listrik yang mengalir. Apabila saklar dalam keadaan off otomatis akan aman dari bahaya tersengat listrik. Semua alat yang 

Langkah Bersihkan Saklar Listrik Secara Tepat

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan saat membersihkan saklar listrik tanpa hambatan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Menyiapkan Peralatan

Siapkan alat utama untuk bersihkan saklar yaitu kain lap kering yang halus atau tissue secukupnya. Kedua alat tersebut memudahkan saat saklar hendak dibersihkan.

  • Menghilangkan Debu Menggunakan Plastik

Apabila sudah menyiapkan kain lap atau tissue, selanjutnya gunakan juga plastik sebagai bahan pendukung yang mudah untuk menghilangkan debu. Plastik yang digunakan cenderung aman sebab sekalipun terdapat noda membandel di sekitar saklar dapat dibersihkan dengan mudah.

  • Tuangkan Cairan Pembersih

Langkah selanjutnya adalah menuangkan cairan pembersih layaknya alkohol, tapi tidak perlu terlalu banyak dan terlalu basah. Fungsinya supaya dapat membersihkan seluruh noda yang menempel pada bagian saklar sampai kinclong.

  • Membersihkan dengan Perlahan

Bersihkan secara perlahan pada saklar yang ingin dibersihkan. Pastikan seluruh noda sidik jari, warna menguning, hingga saklar berminyak dibersihkan sampai bersih seperti baru.

  • Gunakan Hair Dryer untuk Mengeringkan

Gunakan hair dryer untuk mengeringkan atau mengusap dengan kain kanebo supaya saklar lebih cepat kering.

Baca Juga : Cara membersihkan saklar listrik dengan mudah dan aman

Sebagai Distributor Legrand Surabaya di Indonesia, PT Mega Citra Bestari menjual berbagai macam produk Legrand seperti sockets, switch, aksesoris, saklar, dan lainnya yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan katalog lengkap harga lampu atau MCB Legrand kami. Kami juga menyediakan jasa pemasangan industrial lighting, commercial lighting, hospitality lighting, and residential lighting.