PT. MEGA CITRA BESTARI

Cara Menghemat Listrik Lampu di Kantor

Ada banyak sekali cara menghemat listrik di kantor yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan meminimalisir penggunaan lampu secara signifikan. Hal ini akan mengurangi biaya pembayaran listrik setiap bulannya. Terlebih lagi kita juga tahu kebutuhan pencahayaan di kantor memang sangat banyak.

Namun hal ini sebenarnya bisa diminimalkan. Namun memang ada beberapa momen yang membutuhkan pencahayaan tingkat tinggi di kantor. Salah satu pencahayaan yang diperlukan saat sedang berada di kantor adalah pada saat kita sedang melakukan sebuah rapat bersama dengan seorang klien. Cahaya yang terang ini membuat orang jauh lebih fokus dan pikirannya lebih jernih.

Meskipun begitu, ada beberapa momen terbaik bisa Anda jadikan acuan saat hendak menerapkan cara menghemat listrik di kantor dari segi penggunaan lampu ini. Salah satu hal yang bisa diterapkan untuk menghemat listrik saat di kantor adalah pada saat waktu malam hari atau pada saat pagi hari. Biasanya pada menemani ni karyawan kantor tidak ada. Mungkin hanya beberapa orang saja yang sedang lembur, dan hanya beberapa ruangan saja yang digunakan sebagai ruang kerja. 

Pada momen seperti ini, Anda bisa menghemat listrik secara maksimal. Namun seringkali orang tidak tahu bagaimana cara spesifiknya. Oleh karena hal itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Anda beberapa macam jenis rekomendasi yang bertujuan untuk menghemat penggunaan suatu lampu yang ada di kantor Anda.

Matikan Lampu yang Tidak Digunakan

Cara menghemat listrik di kantor pertama adalah dengan mematikan lampu yang tidak digunakan secara bergiliran. Seringkali orang-orang kantor malas untuk mematikan pencahayaan satu persatu. Padahal ada banyak ruangan tak terpakai yang menggunakan listrik secara terus-menerus.

Jika hal ini masih terus untuk dibiarkan tentu saja hal akan menjadi sangat merugikan. Karena penggunaan lampu secara terus-menerus seperti ini akan memakan biaya yang cukup besar. Jauh lebih baik jika Anda mematikannya. Karena ini akan mengurangi biaya pengeluaran cukup besar.

Secara bergiliran mematikan lampu akan membuat pengeluaran perusahaan jadi minimal. Dengan kondisi seperti ini, perusahaan bisa lebih memaksimalkan keuntungan yang mereka miliki. Karena cara menghemat listrik di kantor satu ini masih sering dianggap sepele, penggunaan lampu listrik ini menjadi salah satu biaya cukup besar bagi perusahaan.

Jika kita sudah melakukan sebuah efisiensi dari waktu sekarang, tentu saja terdapat dampak berukuran sangat besar terhadap suatu perusahaan. Kontribusi Anda sebagai seorang karyawan tentunya sangat dibutuhkan untuk mengenai hal ini. Bukan hal yang tidak mungkin ke perusahaan bisa menaikkan tarif gaji Anda jika efisiensi terus dilakukan dalam berbagai aspek.

Gunakan Lampu Hemat Energi di Kantor Anda

Cara menghemat listrik di kantor lainnya adalah menggunakan lampu hemat energi. Saat ini ada banyak sekali jenis perangkat hemat energi yang dijual di pasaran. Setiap jenisnya tentu saja memiliki keunggulan masing-masing. Dalam hal ini Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan lampu hemat energi ini, jumlah daya listrik yang terpakai akan bisa dikurangi. Jika hanya satu atau dua, mungkin dampaknya tidak akan begitu terasa. Namun jika Anda menggunakan jenis lampu hemat energi ini dalam jumlah banyak, efisiensi akan mulai terasa oleh kantor.

Penggunaan lampu jenis hemat energi ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa sudah banyak tempat kantor menggunakan suatu lampu sekunder di dalam ruangan. Biasanya lampu primer memakan emisi listrik jauh lebih besar dibanding lampu sekunder. Hanya saja pada jenis lampu yang sekunder ini biasanya cenderung memiliki sebuah cahaya yang terpancar lebih temaram atau terpancar lebih redup.

Namun jika Anda hendak memilih lampu hemat energi, pasti untuk memilih lampu berasal dari brand bagus. Karena lampu yang berasal dari brand biasa-biasa saja seringkali mudah putus. Bukannya efisiensi, kedepannya Anda malah rugi karena harus melakukan penggantian lampu secara berkala.

Karenanya Anda juga harus teliti saat sedang melakukan pemilihan lampu untuk kantor. Jangan karena harganya murah, lantas Anda membelinya tanpa pertimbangan. Secara tidak langsung, hal yang seperti ini akan menjadi sangat merugikan bagi perusahaan dari suatu segi besarnya pengeluaran yang ada pada setiap bulannya.

Maksimalkan Fungsi Ventilasi di Kantor Anda

Semua bangunan atau gedung pastinya memiliki ventilasi. Selain berfungsi sebagai titik pertukaran udara, ventilasi ini juga berperan besar dalam memasukkan cahaya dari luar ke bagian dalam kantor. Dengan konsep ventilasi yang baik, sudah tentu penggunaan lampu di kantor Anda juga bisa diminimalisir. Inilah cara menghemat listrik di kantor lainnya.

Jika hal ini dilakukan dalam jangka panjang, kantor Anda ada akan mendapatkan efisiensi pengeluaran yang sangat besar kedepannya. Perlu dipahami, ada banyak sekali konsep ventilasi udara yang bisa diterapkan di kantor demi menghemat pengeluaran listrik bulanan.

Namun pada intinya, penggunaan ventilasi ini ini benar-benar sangat direkomendasikan bagi gedung apapun. Apakah itu kantor ataupun bangunan lainnya, ventilasi berperan sangat penting. Terlebih lagi dengan pengaturan ventilasi yang baik, performa karyawan akan jauh lebih maksimal karena mereka tidak kekurangan udara segar.

Hal inilah yang kemudian membuat para pakar interior perkantoran sangat merekomendasikan gedung kantor yang sarat akan lubang ventilasi. Karena lubang ventilasi ini tidak hanya bisa meminimalisir pengeluaran kantor dari segi lampu listrik. Tapi juga meningkatkan daya fokus karyawan sehingga performa kerja mereka jauh lebih maksimal. Pahami beberapa tips yang kami jelaskan di atas dan terapan dengan segera di kantor Anda. Karena hal ini akan berdampak sangat bagus terhadap berbagai aspek dalam dunia kantor itu sendiri. Lakukan beberapa rekomendasi cara menghemat listrik di kantor yang kami jelaskan di atas agar Anda lebih mudah dalam melakukannya.