PT. MEGA CITRA BESTARI

Ini Kelebihan Lampu LED, Lebih Hemat Daripada Lampu Pijar

Menggunakan sistem pencahayaan lampu yang terang bisa didapatkan dengan memanfaatkan kelebihan lampu LED. Selain optimal dalam penerangannya, juga bisa menghemat daya watt agar hemat listrik.

Selain ramah lingkungan, umur penggunaannya sangat lama yaitu sekitar 50.000 jam. Sehingga LED jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan pijar yang boros listrik.

Tetapi banyak orang ragu membeli karena biayanya cenderung mahal, padahal sebanding dengan keunggulannya. Walaupun membayar mahal di awal, Anda dapat merasakan manfaatnya jangka waktu lama.

Cari Tahu Keunggulan Lain dari Lampu LED

LED atau Light Emitting Diodes dilengkapi oleh teknologi terkini yang menarik minat para penggunanya. Efisiensinya lebih baik daripada jenis halogen, fluorescent, bahkan pijar, atau model lainnya.

Jika masih ragu hanya karena harganya, Anda perlu mencari tahu apa saja keunggulan yang bisa dirasakan dari LED. Simak penjelaskan berikut ini.

  1. Lebih Sejuk dan Tidak Mudah Terbakar

Sistem pengolahan energinya berbeda dari jenis lain, karena tidak menghasilkan energi panas. Walaupun menggunakan intensitas cahaya tinggi, suhunya tidak akan memanas, melainkan tetap normal.

Hal ini berbeda jika menggunakan seperti bohlam halogen memberi efek terasa panas saat dinyalakan. Tentu akan membuat suhu ruangan jadi panas, serta berisiko kebakaran jika diletakkan dekat material sensitif.

  1. Bertahan Lebih Lama

Kelebihan lampu LED adalah mampu bertahan lebih lama, oleh karena itu sebanding harganya yang relatif di atas lampu biasa. Performa tersebut diklaim dapat bertahan selama 15.000 hingga 30.000 jam.

Apalagi dipasang pada sistem pencahayaan terintegrasi, misalnya gedung bertingkat atau hanya digunakan saat tertentu saja. Alhasil kemampuan berpendarnya bisa mencapai maksimal 50.000 jam.

  1. Kualitas Pencahayaan Lebih Baik

Keunggulan selanjutnya adalah tingginya kualitas colour rendering, yaitu mampu memancarkan warna sebuah objek. Hasilnya, Anda dapat memperhatikan tampilan objek secara jelas juga sesuai warna aslinya.

Kelebihan lampu LED berbeda jika menggunakan tipe seperti flourescent. Walaupun sejuk juga tidak boros, kualitas pencahayaannya masih rendah, sehingga objek yang dipancarkan kurang jelas.

  1. Menjaga Fokus Penerangan

LED punya intensitas lebih terang, mampu membantu menerangi pekerjaan yang butuh ketelitian. Misalnya dipasang pada meja belajar, meja kerja, kabinet dapur, atau posisi lain. Fungsi ini disebut task lighting.

  1. Sebagai Lampu Dekoratif

Beberapa jenis LED digolongkan berdasarkan ukuran, material, intensitas cahaya hingga bentuknya. Tujuannya agar sesuai keperluan para penggunanya. Oleh sebab itu, keunggulan satu ini tidak ditemukan pada jenis lampu lain.

Aneka ragam model tersebut menjadikan LED sering digunakan juga sebagai dekoratif atau hiasan. Bentuknya berlapis, maka dari itu bisa menciptakan efek indirect light pada anak tangga ataupun ceruk plafon.

Tips Membeli Lampu LED Supaya Hemat Listrik

Setelah memahami apa saja keunggulan lampu LED, berikut kami jelaskan bagaimana tips membelinya agar hemat penggunaan daya wattnya.

  1. Menentukan Warna Sesuai Tujuan

Karena punya banyak aneka warna, perlu menentukan yang sesuai dengan tujuan. Warna putih agar ruangan jadi terang, kuning memberi kesan hangat, misalnya dalam kamar. Sementara warna lain biasanya sebagai dekorasi.

  1. Sesuaikan Daya Watt dengan Kebutuhan

Perlu diperhatikan, bahwa ketika menyesuaikan daya watt sesuai kebutuhan harus memperhatikan tingkat kecerahan lampunya. Bila tingkat kecerahan tinggi, maka pengeluaran watt semakin besar.

  1. Pilih yang Ada Fitur Kontrol Kecerahannya

Kelebihan lampu LED adalah adanya fitur kontrol kecerahan disebut dimmer. Dapat membantu menyesuaikan kebutuhan cahaya. Karena beberapa dijual terpisah dari dimmernya, pastikan bahwa LED tersebut mendukung fitur dimmer.

  1. Perhatikan Daya Tahan

Perhatikan daya tahan penggunaan lampu sesuai jangka waktu kebutuhan. Apalagi jika memilih tipe downlight yang ditanam dalam plafon. Sehingga tidak perlu repot mengatur kembali plafon karena perlu mengganti yang baru.

  1. Menentukan Lokasi Peletakan LED

Kelebihan lampu LED dapat dirasakan jika pemasangannya memperhatian lokasi peletakannya. Pastikan dipasang pada sudut sesuai keperluan. Sehingga mampu menyinari seluruh ruangan yang dibutuhkan sekalian menghemat daya listrik.

  1. Memutuskan Jumlah Kebutuhan LED

Apabila menggunakan downlight, tentu butuh lampu lain agar ruangan makin terang dan jelas. Oleh karenanya tentukan jumlah kebutuhan LED sambil mempertimbangkan listriknya.

Selain multifungsi juga tidak boros energi, LED bisa jadi solusi Anda jika menginginkan tingkat penerangan maksimal. Oleh karena itu, beralih dari lampu pijar adalah solusi menikmati kelebihan lampu LED.

PT Mega Citra Bestari dipercayai untuk memegang lisensi distributor lampu LED Ligman. Lampu dan produk Ligman sudah terkenal karena modelnya yang sangat modern dan kualitasnya yang superior. Temukan berbagai model lampu dan produk Ligman pada PT Mega Citra Bestari. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.