PT. MEGA CITRA BESTARI

Tips Penataan Lampu Berdasarkan Fungsi

Penataan lampu menjadi bagian penting dalam suatu ruangan. Tata cahaya yang bagus akan menampilkan suasana yang nyaman dan akan membangun estetika pada ruangan. Adanya permainan tata cahaya ini akan memanfaatkan perbedaan efek. Anda dapat mempengaruhi atmosfer pada ruangan dengan memainkan tata cahaya dan memanfaatkan perbedaan dari efeknya.

Pada umumnya, penerangan dapat dilakukan dengan cara menempatkan titik lampu di titik tengah ruangan. Dan terdapat beberapa titik yang akan di pasang simetris dan juga merata. Anda bisa menggunakan lampu indirect yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan cahaya.

Lampu ini membuat mata tidak silau dan suasana ruangan menjadi hangat. Terdapat tiga jenis pencahayaan buatan yaitu general lighting, accent lighting, dan task lighting. General lighting ini bertujuan untuk menghasilkan sumber  penerangan yang terang.  Accent lighting dapat menyorot dan memfokuskan benda agar terlihat lebih jelas.

Accent lighting juga bisa menghasilkan bias cahaya dan memfokuskan objek yang di tuju. Sedangkan, task lighting sangat bertujuan untuk memfokuskan suatu area agar menghindari ketegangan mata ketika Anda beraktivitas. Task lighting ini juga bisa menjadi cara untuk membentuk suasana.

Manfaat Penataan Lampu

Tidak dapat di pungkiri, pencahayaan ini sangat mendukung interior ruang. Posisi lampu yang tepat akan membuat ruangan menjadi nyaman. Dan membuat fungsi ruangan menjadi optimal dan memberikan kenyaman visual. Pencahayaan ini akan menciptakan tampilan ruang yang sangat berkesan.

Peran cahaya memang penting untuk mengolah ruangan yang bagus. Anda dapat memastikan setiap lampu yang di pakai dengan tepat warna, jenis, dan penempatannya. Hal ini akan mendukung fungsi sebuah ruangan. Penataan lampu  bisa ditambahkan elemen pada interiornya.

Anda bisa memanfaatkan lampu yang berwarna putih untuk memantulkan cahaya.  Untuk membuat ruang lebih terkesan, agar pencahayaan mengarah ke atas. Di sudut ruangan bisa meletakkan standing lamp agar dapat memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terlihat lapang.

Anda bisa juga memanfaatkan lampu dim untuk menciptakan tata cahaya yang lebih fleksibel. Suasana pada ruangan akan dapat dibuat lebih formal karena cahayanya bisa diatur. Selain menimbulkan efek suasana, pencahayaan juga akan mendukung aktivitas pengguna ruangan.

Penerangan ini akan menciptakan ilusi pada ruangan yang akan terlihat luas. Ruangan yang terbatas luasnya akan membutuhkan intensitas lebih besar agar terlihat lapang. Pencahayaan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan pada diri sendiri maupun keluarga.

Karena sistem pencahayaan yang tidak optimal akan berdampak dengan kesehatan dan dapat menimbulkan bakteri. Sistem penerangan ini akan mempengaruhi kesehatan orang yang tinggal di suatu ruangan. Kualitas penerangan baik akan dapat menjaga tingkat kelembapan. Ini dapat menjaga ruangan Anda dari berbagai kerusakan.

Trik Penataan Lampu agar Fungsional

Untuk bisa mendapatkan tata lampu yang bagus, Anda dapat menyesuaikan fungsi dan ukuran ruangannya. Karakter setiap ruangan tentunya tidak sama apalagi untuk model penerangan pastinya berbeda-beda. Dalam menata lampu sebaiknya tidak fokus pada pencahayaan yang merata.

Anda dapat meletakkan penerangan pada satu arah ataupun satu tempat. Selanjutnya, Anda bisa memberikan pola grid untuk menentukan objek tertentu. Trik lighting bisa menjadi pilihan tepat dalam menata ruangan. Meskipun nantinya penerangan akan kurang maksimal, namun Anda dapat menciptakan efek unik.

Nantinya bidang datar akan di sembunyikan ke dalam beberapa lampu yang menjadi titik fokus. Penataan lampu juga bisa menonjolkan sisi unik terhadap ruangan. Ciptakan saja karya seni dalam mengatur cahaya. Untuk pemilihan warna lampu, Anda dapat memainkan aksen kuning juga keemasan.

Untuk mengatur cahaya alami ini akan membuat ruangan menjadi tampak cerah.  Cahaya alami akan menarik dan membuat perlindungan. Konsep ini bisa digunakan untuk semua ruangan dengan mengarahkan titik fokus. Menghasilkan cahaya secara keseluruhan relatif lebih datar akan menerangi dinding yang bertekstur . 

Dan dapat mengarahkan gerakan dengan menciptakan permukaan dinding pada komposisi yang estetis. Sehingga dapat mengarahkan gerakan pada cahaya dan bisa menciptakan efek cahaya yang dramatis. Penataan lampu juga bisa di padukan desain interior yang di dominasi dengan dinding kayu coklat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *