PT. MEGA CITRA BESTARI

Tips Penerangan agar Semangat Bekerja di Kantor

Penerangan di kantor  ini memiliki dampak yang luar biasa untuk karyawan. Jika penerangan yang ada di kantor itu tidak terang akan membuat para karyawan merasa bosan . Dan malahan para karyawan tidak akan bersemangat untuk melakukan pekerjaannya.

Padahal banyak sekali karyawan yang akan bangga jika memiliki ruangan estetika. Baik dengan adanya dekor minimalis ataupun deretan poster-poster. Semua itu dilakukan untuk menghindari terjadinya stress. Namun, masih banyak pula pemilik kantor yang tidak peduli dengan pencahayaan di kantornya.

Pencahayaan pada kantor memiliki dampak baik dan buruk bagi para karyawan. Salah satu dampaknya berkaitan dengan konsentrasi serta produktivitas kerja karyawan. Pencahayaan pada ruangan kerja berguna untuk mengurangi depresi pada diri sendiri. Dan bisa saja memperbaiki suasana hati, maupun energi, serta kewaspadaan.

Cahaya matahari akan membuat tubuh menjadi semakin segar. Cahaya matahari ini sangat bagus dan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang manusia. Pencahayaan akan memberikan dampak psikologis untuk memacu produktivitas pekerja. Sinar matahari juga sangat berguna untuk tubuh Anda jika mendapatkan cahaya dari jam 7 sampai 9 pagi.

Selain waktu tersebut, kulit Anda bisa saja terbakar dan beresiko terkena kanker. Tentunya ada banyak cara yang dapat dilakukan para pekerja untuk mendapatkan sinar alami. Namun, terkadang timbul pula kemalasan sehingga tidak bisa mendapatkan sinar yang baik untuk tubuh.

Apalagi jika sudah fokus dalam bekerja tidak ada kesempatan lagii untuk pekerja mendapatkan sinar alami. Ini akan menyebabkan timbulnya rasa stress. Untuk itu, karyawan bisa memanfaatkan jendela ruangannya agar masuk cahaya matahari dan sirkulasi udara. Sehingga ketika bekerja akan lebih optimal dan tidak akan cepat ngantuk.

Memaksimalkan Penerangan di Kantor dengan Sinar Matahari

Memang banyak pengelola gedung yang merasa pencahayaan di kantor sudah sangat memenuhi kriteria. Dengan adanya lampu neon yang hemat energi, membuat penyebaran cahaya pada ruangan sudah dapat menerangi para pekerja. Namun hal tersebut tidak benar, para pekerja pastinya akan mendambakan cahaya alami.

Untuk dapat mengakses pemandangan di luar ruangan. Apalagi jika pekerja menghabiskan waktu dengan perangkat seluler. Pastinya akan menjadi jenuh dan semakin membutuhkan istirahat. Hal tersebut akan membuat mata menjadi lelah dan sakit kepala. Dengan adanya penerangan di kantor secara alami akan mampu meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Baik fisik maupun psikis. Anda berhak mendapatkan kebebasan untuk memilih kursi yang akan ditempati untuk menikmati sinar matahari. Jika kantor tersebut milik sendiri, namun jika Anda karyawannya itu tergantung pemilik perusahaan yang meletakkan ruangan. Sinar matahari memberikan banyak kesan di ruangan kantor nantinya.

Anda bisa melihat sesekali pemandangan di luar pada jendela ruangan. Jika tubuh terpapar sinar matahari maka jam kerja pun akan menjadi lama. Tubuh juga akan menjadi sehat dan suasana hati tentunya semakin baik. Cahaya ini juga akan mempengaruhi metabolisme serta efisiensi tubuh manusia.

Menggunakan Pencahayaan tidak Langsung untuk Penerangan di Kantor

Kebanyakan perusahaan lebih memilih menggunakan direct lighting atau menempatkan titik lampu di tengah ruangan secara merata. Teknik ini berguna untuk menghasilkan sumber cahaya yang terang serta menyeluruh. Ruangan pada perusahaan dengan konsep coworking space ini akan memberikan cahaya dari lampu buatan.

Karena untuk penerangan di kantor pada ruangan dari langit-langit membutuhkan cahaya yang kuat agar dapat menerangi meja seluruh karyawannya. Tetapi, sebenarnya penerangan cahaya yang banyak juga akan membuat mata cepat lelah dan bisa saja menurunkan produktivitas dalam bekerja.

Sebaiknya, dalam memiliki lampu ruangan yang penerangannya di arahkan ke bawah dapat di hindari. Jika bisa ciptakanlah suasana pencahayaan di kantor dengan pencahayaan tidak langsung. Atau memanfaatkan biasan cahayanya dengan adanya lampu yang tersembunyi. Cahaya harus dapat membias secara tidak langsung pada mata.

Indirect lighting inilah dapat menghasilkan cahaya merata dan membuat mata menjadi silau. Suasana ruangan kantor pun  akan terasa  menjadi lebih hangat dengan adanya lampu berwarna kuning. Penerangan di kantor ini tidak bisa satu titik saja namun bisa langsung mengarah ke mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *