Jenis-jenis Lampu dan Fungsinya

Jenis-jenis lampu dan fungsinya yang beredar saat ini memang ada banyak. Terlebih lagi setiap saat ada berbagai pembaruan dalam teknologi pencahayaan. Jika dulu hanya ada bola bohlam kecil, kini sudah banyak sekali jenis penerangan lain muncul. Semuanya demi memudahkan manusia untuk memberikan pencahayaan.

Bisa dilihat sendiri bahwa ketika malam datang, lampu adalah satu-satunya pencahayaan. Itu pun jika ada sumber tenaga berupa aliran listrik pada daerah tertentu. Namun jika tidak ada, maka tidak ada pencahayaan layak. Kecuali jika pada saat itu bulan sedang pada kondisi purnama.

Karena itu, banyak orang di seluruh dunia berlomba menciptakan temuan baru dalam dunia penerangan. Salah satunya adalah dengan cara menemukan jenis lampu tahan lama, namun hemat energi. Ditambah dengan menciptakan pencahayaan yang ramah lingkungan sehingga aman digunakan meskipun dalam waktu lama.

Setidaknya sampai saat ini sudah ada banyak sekali berbagai macam jenis lampu. Setiap lampu mungkin memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda. Namun umumnya memiliki satu fungsi yang sama, yaitu untuk penerangan. Lalu ada berapa lampu yang biasa dipakai oleh masyarakat saat ini?

Lampu LED atau yang Bias Disebut dengan Lights Emitting Diodes

Jenis-jenis lampu dan fungsinya pertama adalah Lights Emitting Diodes, atau yang biasa dikenal sebagai LED. Secara umum jenis lampu ini bisa dibilang paling baik jika dibandingkan dengan jenis lampu lain. Ada banyak alasan mengapa LED disebut paling baik, misalnya dari segi hemat energi.

Selain itu, LED memiliki kemampuan ramah lingkungan. Maksudnya adalah tidak ada konsumsi daya berlebihan saat pemakaian. Dengan konsumsi daya rendah, namun masa pakainya bisa sangat lama. Beberapa ahli mengatakan bahwa LED mampu bersinar selama 7 tahun tanpa jeda sekalipun tanpa padam.

Secara umum, LED memiliki kapasitas daya hemat energi paling baik. Bahkan bisa memangkas konsumsi listrik rumah hingga 90% dari jenis lain. Alasan ini tentu cukup untuk membuat jenis-jenis lampu dan fungsinya banyak dipakai untuk penerangan rumah hingga jalan. Pemakaian ini karena tingkat penerangan yang sangat baik.

Jenis lampu dan fungsinya ini memang sangat membantu. Bisa dikatakan bahwa hampir seluruh penerangan memanfaatkan jenis LED. Bahkan untuk indikator dan sensor sekalipun memanfaatkan lampu ini. Di beberapa tempat LED juga dipakai untuk indikator keamanan, terutama di tempat ramai pengunjung.

Anda bisa menemukaan beberapa lampu LED Philips yang dijual oleh perusahaan kami.

Lampu Halogen yang Merupakan Jenis Spot Lamp

Jenis-jenis lampu dan fungsinya kedua adalah halogen. Mungkin bagi sebagian orang masih sangat awam dengan jenis halogen. Meskipun harganya terbilang murah jika dibandingkan dengan jenis lain. Namun hanya beberapa saja yang mau memakai jenis halogen sebagai penerangan dan terbatas pada beberapa tempat.

Sebenarnya halogen adalah salah satu jenis spot lamp. Spot lamp sendiri adalah jenis yang pencahayaannya hanya fokus pada satu titik. Jadi penerangan tidak bisa menyebar seperti jenis pencahayaan lain. Karena itu halogen hanya dipakai untuk tempat-tempat tertentu yang membutuhkan fokus penerangan.

Kebanyakan jenis halogen difungsikan untuk penerangan taman. Alasannya agar ada pencahayaan yang fokus mengarah ke bawah. Biasanya di samping tiang lampu ini ada kursi yang terkena cahaya. Fungsinya agar ada kesan romansa ketika seseorang duduk dibawah tiang tersebut bersama orang lain.

Selain itu halogen juga dipakai untuk beberapa jenis senter. Umumnya senter hanya bisa memberikan penerangan pada titik tertentu. Karena itu halogen sangat cocok dipakai sebagai penerangan senter. Terutama senter untuk berburu pada malam hari, atau senter bagi seorang pendaki gunung.

Halogen juga dipakai pada beberapa museum. Tujuannya adalah untuk memberikan penerangan pada objek tertentu, misalnya patung atau manuskrip. Pengunjung jelas lebih tertarik dengan objek dengan fokus pencahayaan. Beberapa stadion olahraga juga memakai halogen sebagai penerangan karena memiliki fokus pencahayaan yang baik.

Lampu TL (Fluorescent), Lampu yang Cukup Banyak Dipakai

Jenis-jenis lampu dan fungsinya yang selanjutnya adalah lampu yang cukup banyak dipakai. Fluorescent memiliki kelebihan dengan konsumsi daya listrik kecil. Alasan ini juga yang membuatnya banyak dipakai di berbagai tempat. Bahkan TL atau orang menyebutnya neon termasuk sebagai salah satu jenis paling sering dipakai.

Ada satu hal menarik dari neon, yaitu memiliki bentuk bervariasi. Ada bentuk bohlam standar, bentuk tabung, hingga bentuk fitting ulir. Warna putih terang yang terpancar membuatnya menjadi pilihan utama penerangan rumah. Bahkan di pusat perbelanjaan juga memakainya agar lebih hemat daya listrik.

Fluorescent atau biasa disebut juga sebagai neon adalah salah satu jenis-jenis lampu serta fungsinya yang sering dijual. Jika Anda sadar, kebanyakan lampu yang dijual adalah model neon atau fluorescent. Harganya cukup murah dengan konsumsi daya listrik rendah. Ini membuatnya menjadi pilihan utama bagi sebagian orang.

Memang setiap jenis pencahayaan memiliki fungsi utama masing-masing. Meskipun tujuannya adalah untuk penerangan, namun akan lebih cocok jika dipakai sesuai fungsinya. Misalnya halogen untuk spot lamp, atau neon sebagai pencahayaan mall. Jenis-jenis lampu dan fungsinya ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan serta keinginan.

info mcbestari

Recent Posts

Peran Push Button dalam Kehidupan Sehari-hari

Push button telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita, digunakan dalam berbagai konteks untuk…

4 weeks ago

Mana yang Lebih Bagus, Time Switch Digital atau Mekanik?

Time switch adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur waktu operasi peralatan listrik atau sistem pencahayaan…

1 month ago

Tips Memilih Lampu Highbay yang Tepat untuk Gudang Anda

Pemilihan lampu highbay yang tepat untuk gudang merupakan langkah penting untuk memastikan pencahayaan yang optimal…

1 month ago

Efektivitas Lampu Jalan LED dalam Mengurangi Emisi Karbon

Penerangan jalan merupakan aspek penting dalam infrastruktur perkotaan yang memainkan peran vital dalam kesejahteraan masyarakat…

2 months ago

Panduan Memilih Lampu Highbay untuk Gudang

Gudang merupakan tempat yang penting bagi kelancaran operasi bisnis. Pencahayaan yang tepat di gudang sangatlah…

2 months ago

Cara Memilih Push Button yang Tepat untuk Proyek Anda, Jangan Salah Pilih!

Tombol tekan (push button) merupakan komponen penting dalam berbagai proyek, mulai dari elektronik sederhana hingga…

2 months ago

This website uses cookies.