PT. MEGA CITRA BESTARI

Pakai Lampu Kuning atau Lampu Putih?

Lampu kuning vs lampu putih, kedua jenis lampu ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam penggunaannya di jalanan. Umumnya, lampu berwarna kuning menggunakan lampu berjenis halogen, sedangkan lampu putih menggunakan lampu berjenis LED (light emitting diode) dan beberapa ada juga yang halogen.

Halogen merupakan lampu yang memerlukan daya cukup besar dan bisa menimbulkan panas. Hal ini terjadi karena cahaya lampu ini berasal dari reaksi kimia yang ada pada lampu pijar. Sedangkan, lampu LED cenderung efisien dalam pemanfaatan listrik dan usia pakai dibandingkan jenis lampu lainnya.

Lampu kuning vs lampu putih pada kendaraan tentu keduanya memiliki kegunaan yang sama yaitu sebagai alat penerangan. Adapun kedua jenis lampu ini memiliki keunggulan atau kelebihan masing-masing sesuai kondisi jalan tertentu yang dilalui oleh pengguna jalan tersebut.

Penggunaan Lampu Berwarna Putih

Saat ini, lampu berwarna putih sedang menjadi trend dalam dunia otomotif. Karena lampu jenis ini cenderung tampak lebih futuristic, selain itu juga memiliki keunggulan pada estetika. Sehingga, lampu putih dipercaya mampu membuat kendaraan lebih terkesan futuristik.

Jika lampu berwarna putih memakai LED, pastinya mempunyai keuntungan di sektor kelistrikan pada kendaraan tersebut. Hal ini karena lampu berjenis LED dipercaya mampu membuat kelistrikan menjadi lebih stabil, hemat energi dan tidak menghasilkan panas yang berlebih seperti lampu Halogen.

Namun, kelemahan dari lampu berwarna putih ini ialah tidak mampu menembus kabut dan hujan. Sehingga, jika Anda berkendara di kala kondisi cuaca hujan atau pun kabut cenderung sulit untuk melihat jalan.

Penggunaan Lampu Berwarna Kuning

Adapun beberapa tahun belakangan ini, lampu berwarna kuning sudah tergantikan oleh adanya lampu putih yang sedang populer di dunia otomotif. Lampu kuning vs lampu putih, dimana lampu kuning ini kebalikan dari lampu berwarna putih.

Adapun lampu berwarna kuning dalam dunia otomatif dinilai mampu menembus kabut dan guyuran hujan. Sehingga, jika Anda berkendara di kala cuaca hujan dan berkabut, lampu ini dapat membantu sebagai alat penerangan.

Selain itu, kekurangan pada lampu bercahaya kuning ini dianggap juga sebagai salah satu kelebihan dari lampu putih. Hal ini dikarenakan sebagian besar lampu warna kuning menggunakan jenis halogen, di mana jenis lampu tersebut menghasilkan panas dan membuat fitting atau rumah lampu meleleh akibat terlampau panas.

Lampu kuning vs lampu putih, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan meskipun sebenarnya lampu bercahaya kuning adalah lampu yang tepat untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan pengendara karena sesuai dengan segala medan.

Akan tetapi, lampu bersorot cahaya kuning umumnya memanfaatkan lampu berjenis halogen. Di mana lampu ini mampu menciptakan kesan konvensional dan tidak futuristik, namun lampu halogen sendiri memiliki keunggulan yakni jika lampu sudah mati maka bisa diganti dengan mudah. Lain halnya dengan lampu berjenis LED.

Fungsi dari Pengunaan Lampu Kuning dan Lampu Putih pada Kendaraan

Jika dilihat dari segi fungsionalnya, penggunaan lampu kuning vs lampu putih pada kendaraan sepertinya yang bercahaya kuning cenderung lebih unggul karena dapat digunakan di segala medan dan segala cuaca meskipun dinilai mengurangi futuristik dari kendaraan tersebut.

Ada baiknya bagi setiap kendaraan yang menggunakan lampu berwarna putih, juga perlu memiliki lampu kuning sebagai bentuk antisipasi saat berkendara dan menghadapi situasi jalan dalam kondisi apapun. Anda bisa menggunakan lampu putih sebagai lampu utama, sedangkan lampu berwarna kuning sebagai pelengkap.

Lampu bercahaya kuning ini juga bisa diletakkan pada lampu kabut (foglamp) maupun lampu jauh (beam). Hal ini karena pada beberapa kendaraan model terbaru, selain lampu utama, lampu kabut dan juga lampu jauh juga turut menggunakan cahaya putih.

Tak hanya memperhatikan segi futuristic dari penggunaan lampu tersebut, pabrikan juga perlu memperhatikannya dari segi keamanan dan keselamatan para konsumen. Hal ini tentu bisa menjadi siasat yaitu dengan menggunakan lampu kabut dan lampu jauh yang menggunakan lampu LED namun berwarna kuning.

Lampu kuning vs lampu putih pada umumnya dapat menciptakan kesan yang berbeda-beda. Seperti halnya warna kuning, biasanya digunakan pada pintu masuk, ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar mandi, dan lain sebagainya. Warna kuning ini dinilai mampu meningkatkan atraktif diri dan mood seseorang.

Bagi Anda yang masih kebingungan memilih warna lampu yang tepat untuk dipasang pada kendaraan maupun di rumah, diharapkan artikel ini dapat menjadi referensi baru. Meskipun lampu kuning vs lampu putih memiliki kelebihan masing-masing, keduanya tetap cocok digunakan sesuai kebutuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *