PT. MEGA CITRA BESTARI

Pengertian Lampu LED dan Jenis-jenisnya Harus Diketahui

Pengertian lampu LED dan jenis-jenisnya merupakan sebuah komponen elektronik yang merupakan keluarga Dioda dengan pancaran cahaya monokromatik dan jenisnya tidak hanya satu. Bahan yang digunakan semikonduktor.

Tidak heran bila dibandingkan dengan jenis lainnya, hasil cahaya tersebut jauh lebih terang. Selain itu, efisiensi listrik, usia pakai, hingga pemakaiannya jauh lebih hemat. Kelebihan lainnya adalah tidak perlu pemanasan.

Mengapa kelebihannya jauh di atas jenis lainnya? Karena, cara kerjanya bisa dikatakan cukup efektif. Di mana, komponen didalamnya mampu mengubah energi listrik ke dalam bentuk cahaya, sehingga terangnya maksimal.

Light Emitting Diode sendiri mempunyai berbagai varian berdasarkan warna yang dihasilkan di mana, konsumsi listrik juga berbeda. Kondisi ini dapat terjadi karena kebutuhan ketegangan satu sama lain tidak sama.

Warna putih memiliki konsumsi paling berat jumlahnya 4 volt. Sementara, tegangan paling rendah adalah infra merah dengan kapasitasnya hanya 1,2 Volt saja. Untuk lainnya berada di kisaran 1,8 sampai 3,6 V.

Pengertian Lampu LED dan Jenis-jenisnya

Light Emitting Diode sedikit berbeda dengan tipe lainnya. Di mana Anda dapat menemukannya di beberapa seperti, miniatur yang ukurannya sangat kecil. Biasanya difungsikan sebagai hiasan atau petunjuk arah sampai indikator lainnya.

Diantara semua tipenya, miniature ini tergolong paling murah harganya mulai dari Rp 11 ribu. Tergantung dari berapa watt serta apa mereknya. Tidak hanya ukuran kecil saja, berikut ulasan beberapa jenisnya

  1. Pengertian Lampu LED dan Jenis-jenisnya, Super Flux

Super Flux menjadi yang paling sering digunakan oleh berbagai perangkat elektronik seperti, kulkas atau papan iklan di jalan hingga otomotif. Bahkan, bisa juga sebagai bagian pencahayaan pada sebuah panggung.

Ukurannya kecil ada 3mm dan 5mm. Bentuknya persegi panjang punya empat pin, lensa datar. Cahayanya cukup terang, serta mempunyai bentuk cukup unik. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp20 ribu.

Super Flux mempunyai konsumsi listrik cukup tinggi dibandingkan semuanya. Kondisi ini terjadi karena, mempunyai dua kutub yaitu, positif dan negatif. Mengetahui kondisinya seperti ini Anda dapat menghemat listrik.

Caranya, jangan terlalu sering buka tutup kulkas. Semakin tinggi pemakaian dayanya. Biaya bulanan juga semakin membengkak. Begitu juga saat diaplikasikan ke kendaraan motor atau mobil terutama pada konsumsi Aki.

Keunggulan dari Super Flex adalah memiliki resistansi thermal tergolong sangat rendah. Kondisi ini sangat baik karena, mampu bekerja pada suhu ekstrim serta komponen dengan daya input tinggi.

  1. Pengertian Lampu LED dan Jenis-jenisnya, Bicolor

Bicolor adalah tipe selanjutnya, di mana fungsinya sendiri digunakan untuk dekorasi ruangan. Mulai dari Cafe, taman, dan berbagai mainan pada anak. Salah satu keunggulan dari lampu tersebut adalah mempunyai banyak warna.

Jadi, saat dinyalakan cahaya tersebut bisa berubah menjadi berbagai warna seperti, merah, hijau, bahkan biru. Masalah daya listrik tergantung dari pemakaiannya serta dimana peletakannya. Hanya saja, tetap dalam kondisi rendah.

Jenis ini sering kali dimanfaatkan untuk perayaan, bisa saat natal dan tahun baru atau kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk harganya mulai dari Rp 40 ribu, naik dan turunnya bergantung pada mereknya.

  1. Pengertian Lampu LED dan Jenis-jenisnya, SMD

SMD atau Surface Mount Device mempunyai ukuran cukup kecil. Sering sekali dimanfaatkan berbagai kebutuhan Rumah Tangga. Misalnya, lampu senter, emergency, hingga lampu hias. Hasilnya memang sangat terang.

Mempunyai lebar 3,5mm ada juga 5mm, mempunyai dua kontak chip bahkan beberapa ada yang lebih sampai 3 dioda. Di mana, masing-masing diode terdapat sebuah sirkuit individual dan mempunyai satu rangkaian.

Chip ini dikenal karena terangnya mampu menghasilkan kurang lebih 50 sampai 100 lumen per watt. Untuk harganya sendiri cukup murahnya, satu chipnya saja hanya Rp200 sampai Rp400.

  1. Pengertian Lampu LED dan Jenis-jenisnya, High Power

High Power jadi salah satu jenis yang mampu menghasilkan kualitas cahaya intens dan jauh lebih terang. Di mana, ada banyak keunggulan bisa didapatkan seperti, awet karena ketahanannya mampu 50 ribu jam.

Waktu yang cukup lama bukan, untuk sebuah lampu. Selain itu, kondisinya juga ramah lingkungan, tidak menimbulkan gas atau efek rumah kaca seperti pada jenis lainnya. Menariknya lagi, bisa didaur ulang.

Inilah konsep untuk menjaga bumi dari pemanasan global. Bila dihidupkan, maka kondisinya akan setara dengan 25 penerangan cahaya, cukup terang sekali bukan? Apalagi, warnanya tidak akan berubah sama sekali.

Selain itu, dari segi konsumsi daya listrik jauh lebih hemat. Dijamin, pemakaiannya membuat biaya bulanan Anda jauh lebih murah. Sayangnya, ada beberapa kekurangan dari High Power salah satunya adalah penempatannya.

Jika tertarik untuk menggunakan High Power harus berada di lingkungan dingin karena kondisinya cepat sekali panas. Agar tidak overheating biasanya akan digabungkan dengan sistem tenaga surya. Contoh penggunaannya ada di Penerangan jalan.

Untuk harganya sendiri mulai dari Rp20 ribu tergantung pada aplikasinya untuk apa. Tidak heran bila High Power juga dijadikan pilihan untuk beberapa penerangan lainnya. Misalnya, untuk dekorasi pernikahan Light Emitting Diode adalah pilihan tepat untuk berbagai kebutuhan. Harganya juga tergolong terjangkau. Oleh karena itu, pelajari lagi pengertian lampu LED dan Jenis-jenisnya agar bisa menentukan mau pilih mana.

PT Mega Citra Bestari dipercayai untuk memegang lisensi distributor lampu LED Ligman. Lampu dan produk Ligman sudah terkenal karena modelnya yang sangat modern dan kualitasnya yang superior. Temukan berbagai model lampu dan produk Ligman pada PT Mega Citra Bestari. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.