PT. MEGA CITRA BESTARI

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pencahayaan yang Tepat untuk Kantor

Pencahayaan untuk kantor ini memang perlu mendapat perhatian apalagi untuk warna yang menjadi sumber cahaya.  Sumber ini merupakan satuan untuk penerangan lengkap terdiri atas lampu serta perlengkapan yang lainnya. Baik dalam operasi kelistrikan maupun untuk melindungi lampu.

Serta dapat mengatur distribusi dan memposisikan untuk menghubungkan lampu dengan cahaya. Pada saat Anda merencanakan penerangan kantor sebaiknya lebih memperhatikan kuatnya penerangan, arah pencahayaan, dan warna cahaya juga dibutuhkan. Nantinya penerangan menjadi kuat dan menghasilkan luminansi yang baik dan menarik.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap faktor pantulan dinding maupun lantai kantor. Faktor inilah akan menjadi perbandingan antara luminansi dan kuatnya penerangan. Dalam mendapatkan kualitas terbaik pada pencahayaan untuk kantor harus memperhitungkan faktor lingkungan maupun sumbernya. Bahkan, temperatur juga berkaitan dengan penggunaan daya pada lampu.

Perubahan temperatur juga memiliki pengaruh terhadap bohlam pijar dan pelepasan gas dengan tekanan tinggi. Kelembapan juga akan mempengaruhi umur maupun perlengkapan pada instalasi bohlam tersebut.  Sedangkan, untuk debu malah akan berpengaruh terhadap persentase kuantitas arus listrik.

Selain itu, sebaiknya juga harus memperhatikan luas pada kantor yang akan di pasang lampu. Agar nantinya ruangan kantor tidak akan salah dalam menggunakan ukuran bohlam. Anda juga harus memperhatikan posisi maupun jumlah sumber listrik dan intensitasnya.

Cara Pengukuran pada Pencahayaan untuk Kantor

Pengukuran ini berguna sekali agar pencahayaan di kantortepat sasaran. Sebaiknya, pengukuran dapat dilakukan pada bidang horizontal. Namun jika untuk tangga  Anda bisa meletakkan light meter pada injakan kaki. Sebelum melakukan pengukuran itu Anda dapat menutup sel dan display.

Dan dapat membiarkan cahaya terpapar sekitar 5 menit. Jika penerangan buatan hanya dapat dilakukan setelah 5 menit lampu dinyalakan. Setelah itu, Anda bisa menggunakan bayangan operator  namun jangan sampai mengenai light meternya.Light meter hanya akan menangkap sel yang sensitif.

Dan bisa menimbulkan arus listrik kecil. Arus listrik ini mampu di ukur dengan mikrometer yang nantinya akan di kalibrasi pada lux.  Lux ini merupakan satuan intensitas cahaya yang dapat mengubah energi cahaya menjadi energi listrik.

Nantinya energi listrik ini akan diubah menjadi angka agar dapat dibaca pada layar monitor. Bisa juga dengan menggunakan meter analog yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya.  Sementara itu nantinya cahaya analog tersebut akan mengukur intensitas cahaya dalam satuan saja.

Faktor Pemilihan Warna Pencahayaan untuk Kantor

Pencahayaan yang tidak tepat memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap mata. Sehingga membuat mata menjadi stress dan menjadi kelelahan. Ini bisa saja terjadi pada otot akomodasi seseorang dalam mengamati objek kecil baik jarak dekat maupun jauh.

Apalagi jika sampai ke retina mata ini akan mengakibatkan penglihatan menjadi ganda, daya akomodasi pun menurun, serta sakit kepala. Bahkan untuk ketajaman pada penglihatan menurun. Selain itu, jika penerangan tidak sesuai akan membuat syaraf mata akan menjadi lelah.

Ini bisa saja terjadi dengan ditandai waktu reaksi yang panjang, gerakan Anda  pun akan menjadi lambat. Serta adanya gangguan pada fungsi motorik maupun psikologis. Pencahayaan untuk kantor memang memiliki pengaruh cukup besar untuk karyawan.

Apalagi dalam memilih warna yang cocok untuk pencahayaan. Karena warna ini sangat berpengaruh dengan perasaan dan juga penerangan kantor. Warna gelap juga dapat mengurangi intensitas. Dengan warna juga dapat merangsang otak dan emosi pada manusia.

Pilihan warna tepat untuk dinding akan membuat rasa nyaman dan ketenangan untuk para karyawan. Warna mampu memantulkan cahaya yang mendatangi benda dan menyebabkan adanya sebuah pantulan.  Ini akan berpengaruh besar untuk kesilauan yang dialami oleh karyawannya akibat adanya cahaya. Masing-masing warna nantinya akan di soroti cahaya.

Apalagi jika ruangan berwarna putih akan memberikan efek menyilaukan. Intensitas cahaya memang menjadi salah satu bagian penting untuk kantor.  Maka dari itu, kualitas pencahayaan yang tidak memadai akan berefek buruk untuk kesehatan mata. Pencahayaan untuk kantor sebaiknya menggunakan warna yang netral agar tidak membosankan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *