Serba Serbi Lampu LED, Fungsi dan Cara Kerjanya

Berbagai jenis lampu kini berkembang sangat pesat dengan beragam bentuk inovasi. Lampu tidak hanya digunakan untuk menggunakan ruangan, tetapi juga untuk berbagai peralatan, peralatan elektronik dan infrastruktur di sekitar kita. Misalnya, remote TV, videotron, dan masih banyak lagi. 

Lampu LED

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode, yakni lampu listrik penghasil cahaya dari sebuah perangkat unik berkomponen dioda. Jika lampu bohlam terbuat dari gas, daya lampu LED berasal dari serangkaian perangkat elektronik agar dapat menyala.

Fungsi Lampu LED

Berbeda dengan jenis lampu lain yang hanya berfungsi penerang ruangan, fungsi lampu LED mampu diaplikasikan ke berbagai macam perangkat elektronik yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya monitor televisi, komputer, remote dan kendaraan bermotor.

Bagaimana Cara Lampu LED Bekerja?

Cara kerja lampu LED adalah saat kutub negatif (N) dan kutub positif (P) bertemu maka lampu secara otomatis akan memancarkan cahaya. Hal tersebut dikarenakan LED adalah jenis lampu berbahan dasar dioda yang berasal dari material semikonduktor. 

Selama menyala, lampu LED akan sepenuhnya terhubung dengan chip semikonduktor yang menghasilkan daya dari kutub negatif dan positif sehingga dapat menghasilkan warna LED sesuai yang diinginkan. 

Aplikasi Lampu LED Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Penggunaan lampu LED sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Jika Anda terbiasa berlama-lama di rumah, lampu LED digunakan untuk berbagai penerangan di sudut rumah, atau lampu perumahan dengan sistem smart home.

Di perkantoran, lampu LED juga lazim digunakan sebagai sarana penunjang berbagai acara dan kepentingan, misalnya, LCD proyektor, lampu studio, lampu ruang konseling, lampu eskalator, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Menggunakan Lampu LED

Awet

Lampu LED adalah lampu dengan pemakaian paling hemat, bahkan mencapai 100.000 jam atau sama dengan 11 tahun. Lampu LED juga aman jika dinyalakan selama 24 jam. 

Durabilitas tinggi

Karena terbuat dari komponen berkualitas maka dapat dipastikan lampu LED tahan dengan kondisi apapun, baik ketika hujan, musim panas, atau musim salju.

Hemat Energi

Jika lampu pijar hanya memiliki tingkat cahaya 5%, lampu LED memiliki 15-20%.

Nol Emisi Ultraviolet

LED sangat cocok digunakan untuk penerangan pada benda yang rentan dengan sinar UV. Oleh karena itu, LED kerap dipakai sebagai penerangan diorama dan ornamen di museum, galeri seni, situs arkeologi, dan lainya.

Penggunaan LED kepada benda-benda tersebut dikategorikan sebagai penerangan nol emisi yang artinya lampu LED mengeluarkan cahaya seperti inframerah ukuran terkecil sehingga minim emisi sinar ultraviolet.

Minimalis

Ukuran lampu LED yang sangat kecil tidak membuat daya tarik lampu ini hilang begitu saja. Oleh karena itu, penampilan lampu LED yang minimalis ini sangat mudah dipakai, mudah dibawa kemana saja. 

Ramah Lingkungan

Lampu pijar atau lampu konvensional cenderung berbahaya untuk digunakan jangka panjang karena mengandung merkuri dan zat kimia berbahaya lainnya. Berbeda dengan lampu LED yang hanya menggunakan sedikit elemen yang setara dengan pembuatan 25 buah lampu pijar.

No mercury

Lampu LED tidak mengandung merkuri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh seperti kanker kulit dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, merkuri juga sangat berbahaya untuk lingkungan hidup. 

Dispersement Cahaya

Salah satu keunggulan lampu LED adalah didesain untuk memfokuskan cahaya yang bersinar hanya pada satu titik tanpa reflektor eksternal. 

Desain fleksibel

Kini desain lampu LED semakin variatif dengan berbagai fungsi yang dapat meningkatkan mobilitas Anda. Selain fleksibel, mode warna lampu LED juga modern sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. 

Demikian cara kerja lampu LED beserta ulasan lengkapnya. Lampu LED yang praktis sangat digemari masyarakat dengan harga terjangkau dan kualitas tidak main-main.

PT Mega Citra Bestari adalah distributor lampu LED yang telah dipercaya selama lebih dari 10 tahun untuk melayani penjualan lampu LED di seluruh Indonesia. Kami menyediakan berbagai macam produk lampu LED dari brand ternama seperti Philips dan Ligman yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing. Untuk melihat katalog lampu LED kami, silahkan memilih brand yang anda minati atau produk katalog lampu LED kami di bawah ini. Sebagai supplier lampu LED murah, harga jual kami tergolong sangat kompetitif karena kami merupakan distributor resmi lampu LED ini. Hubungi Kami sekarang juga

info mcbestari

Recent Posts

Peran Push Button dalam Kehidupan Sehari-hari

Push button telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita, digunakan dalam berbagai konteks untuk…

4 weeks ago

Mana yang Lebih Bagus, Time Switch Digital atau Mekanik?

Time switch adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur waktu operasi peralatan listrik atau sistem pencahayaan…

1 month ago

Tips Memilih Lampu Highbay yang Tepat untuk Gudang Anda

Pemilihan lampu highbay yang tepat untuk gudang merupakan langkah penting untuk memastikan pencahayaan yang optimal…

1 month ago

Efektivitas Lampu Jalan LED dalam Mengurangi Emisi Karbon

Penerangan jalan merupakan aspek penting dalam infrastruktur perkotaan yang memainkan peran vital dalam kesejahteraan masyarakat…

2 months ago

Panduan Memilih Lampu Highbay untuk Gudang

Gudang merupakan tempat yang penting bagi kelancaran operasi bisnis. Pencahayaan yang tepat di gudang sangatlah…

2 months ago

Cara Memilih Push Button yang Tepat untuk Proyek Anda, Jangan Salah Pilih!

Tombol tekan (push button) merupakan komponen penting dalam berbagai proyek, mulai dari elektronik sederhana hingga…

2 months ago

This website uses cookies.