PT. MEGA CITRA BESTARI

Apa Keunggulan Lampu LED Dibanding Lampu Biasa

Pertanyaan mengenai apa keunggulan lampu LED dibanding lampu biasa mulai bermunculan di masyarakat. Pertanyaan ini sebenarnya terdengar klise.

Itu karena, sekarang lampu LED sudah berhasil menguasai pasar. Sangat jarang orang memutuskan untuk menggunakan lampu biasa.

Menemukan lampu biasa sendiri bisa dibilang jauh lebih sulit. Namun dalam setiap hal, seseorang harusnya mengetahui alasan mengapa sesuatu dipilih.

Bukan keputusan tepat apabila memilih ikut-ikutan. Itu karena, terdapat kemungkinan orang tersebut akan kecewa pada akhirnya.

Jika tidak ingin mengalami kemungkinan buruk tersebut, perilaku lebih teliti jelas diperlukan. Ini memperkecil kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa Keunggulan Lampu LED Dibanding lampu Biasa

Bisa dibilang, terdapat banyak keunggulan lampu LED dibanding jenis biasa. Keberadaannya jelas perlu dimanfaatkan.

Seseorang akan rugi jika keunggulan ini hanya didiamkan begitu saja. Oleh sebab itu, berikut beberapa keunggulannya beserta penjelasan secara lebih detail.

  1. Usia Lebih Lama

Ketika mempertanyakan mengenai apa keunggulan lampu LED dibanding lampu biasa, hal pertama yang bisa dibahas adalah usia. LED jauh lebih tahan lama.

Perbandingan jelas bisa dilakukan. Menurut beberapa survei, LED bisa memiliki ketahanan 2 hingga 4 kali lebih kuat dibanding jenis biasa.

Jika dijelaskan dalam jam, jam tersebut bisa terlihat sangat panjang. Ketahanannya mencapai 50 ribu hingga 100 ribu jam.

Jika dihitung per hari seseorang hanya akan menyalakan lampu sekitar 14 jam, dengan itu LED bisa tahan lebih dari 10 tahun.

  1. Hemat Listrik

Poin selanjutnya yang bisa dibahas dari LED ini berhubungan dengan penggunaan listriknya. Bisa dikatakan, seseorang tidak membutuhkan listrik dalam jumlah besar ketika menggunakannya.

Tingkat efisiensinya juga sangat besar. Jika dibandingkan dengan jenis biasa, tingkat efisiensi tersebut berada di kisaran 60 hingga 70 persen. Mungkin beberapa dari Anda sering melihat kebanyakan kendaraan menggunakan lampu jenis ini.

Kebutuhan energi yang minim menjadi salah satu alasan terkuat dari hal itu. Tidak masalah walaupun speedometer menggunakannya.

  1. Ramah Lingkungan

Poin ramah lingkungan juga perlu dibahas. Tidak akan lengkap membahas tentang LED tanpa mempertimbangkan poin ramah lingkungan ini.

Sebenarnya, poin ramah lingkungan ini juga berhubungan dengan poin minim energi yang sebelumnya dibahas. Jika diteliti secara lebih detail, jenis ini bahkan tidak menggunakan merkuri internal.

Merkuri dalam jumlah banyak sebenarnya berbahaya untuk kesehatan lingkungan. Oleh sebab itu, keberadaan lampu ini merupakan jalan keluar terbaik.

  1. Cocok Dengan Dim

Teknologi dim adalah teknologi baru di dunia cahaya. Dengan adanya teknologi ini, tingkat keterangan dari cahaya bisa diatur.

Inilah alasan utama mengapa lampu tidur jauh lebih redup jika dibandingkan dengan lampu biasa. LED sendiri cocok dengan teknologi dim.

Itu karena, persentase keterangannya bisa diatur mulai dari 0 hingga 100 persen. Ini jelas berbeda dengan tipe biasa dimana hal ini tidak dapat diatur.

  1. Desain Fleksibel

Keunggulan dari segi desain juga sangat jelas. Ini tentu perlu dibahas ketika ada yang mempertanyakan apa keunggulan lampu LED dibanding lampu biasa.

LED jauh lebih kecil dibanding jenis biasa. Dengan ukuran kecil tersebut, disimpan dimana saja tidak akan menjadi masalah.

Keindahan ruangan juga tidak akan terganggu. Oleh sebab itu, setiap desainer ruangan pasti menggunakan jenis LED sebagai sumber cahaya utama.

  1. Daya Rendernya Baik

Poin mengenai daya render juga perlu diulas ketika membahas apa keunggulan lampu LED dibanding lampu biasa.

Dalam bahasa formal, daya render sendiri sering disebut dengan CRI atau color rendering index. Ini membahas tentang bagaimana sebuah lampu bisa menonjolkan warna asli dari sebuah benda.

Biasanya dalam tempat pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dari segi warna, lampu LED pasti digunakan. Itu karena, jenis ini memang merupakan pilihan terbaik.

  1. Adaptif

Lampu jenis ini juga terbilang sangat adaptif. Cuaca dalam kondisi apapun tidak akan menjadi masalah untuk teknologi ini.

Oleh sebab itu, tidak masalah jika menggunakannya di daerah dengan suhu panas maupun suhu rendah. Jika melihat pada kebanyakan taman, biasanya jenis LED lah yang digunakan.

Dengan penggunaan tipe ini, hujan maupun panas tidak akan merusak lampu tersebut.

  1. Voltasenya Rendah

Hal terakhir yang bisa dibahas ketika mengulas tentang apa keunggulan lampu LED dibanding lampu biasa adalah tentang voltase.

Voltase dari lampu jenis ini bisa dibilang sangat rendah. Dengan voltase ini, sangat tepat ketika menggunakannya secara outdoor.

  1. Aman

Hal terakhir yang bisa dibahas adalah tentang keamanannya. Ketika LED digunakan, hampir tidak ada daya panas yang dikeluarkan.

Ini jelas berbeda apabila yang digunakan adalah tipe biasa. Ketika memunculkan cahaya, lampu biasa akan menggunakan 90 persen daya yang dimiliki untuk mengeluarkan panas.

Dari segi keamanan, panas yang tinggi jelas membuat risiko terjadinya hal buruk mungkin saja terjadi.

Sangat jelas terlihat bahwa lampu jenis LED memiliki banyak keunggulan ketika dibandingkan dengan jenis biasa. Oleh karena itu, merupakan hal wajar apabila menggunakannya.

Tidak tepat ketika terus memaksakan untuk menggunakan jenis lama. Mungkin dengan ulasan ini, pertanyaan tentang apa keunggulan lampu LED dibanding lampu biasa bisa terjawab.