PT. MEGA CITRA BESTARI

Berapa Watt Lampu untuk Kamar Tidur? ini Jawabannya

Beberapa orang sering mempertanyakan berapa watt lampu untuk kamar tidur. Ini sebenarnya wajar mengingat pencahayaan sendiri memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur seseorang.

Ketika pencahayaan kurang baik, tidur seseorang akan terganggu. Ini bisa berakibat fatal karena tidur yang terganggu bisa membuat proses istirahat seseorang tidak berjalan baik.

Produktivitas di esok hari pasti mengalami penurunan. Oleh sebab itu, penting untuk memahami tentang pencahayaan di kamar tidur.

Sebelumnya, kebanyakan orang memang tidak menganggap hal ini sebagai hal penting. Itu sebenarnya bukan merupakan keputusan tepat.

Oleh sebab itu, merubah kebiasaan tersebut perlu dimulai dari sekarang. Perubahan tersebut perlu dibuktikan dengan memperhatikan hal ini dengan baik.

Berapa Watt Lampu untuk Kamar Tidur

Ketika menanyakan tentang watt lampu di kamar tidur, melakukan generalisasi terhadap setiap jenis bukanlah keputusan tepat. Terdapat tiga jenis lampu yang sering digunakan untuk ruangan tersebut.

Jenis pertama adalah general atau umum, kedua adalah dekoratif, dan ketiga adalah anak. Tentu ketiganya tidak bisa disama ratakan.

  1. General

Ketika menanyakan berapa watt lampu untuk kamar tidur, jenis pertama yang dibahas pasti adalah general. Ini adalah tipe yang diperuntukkan untuk kamar tidur orang dewasa.

Ternyata menurut survey, kamar tidur dewasa membutuhkan cahaya di angka 7 hingga 9 watt. Besar cahaya tersebut jelas tidak main-main.

Perhitungan sudah dilakukan dengan baik. kisaran 7 hingga 9 watt masih bisa memberikan kualitas warna yang baik untuk setiap objek.

Namun di samping itu, kisaran angka itu juga tidak terlalu terang sehingga pengguna kamar tidak akan merasa terganggu.

  1. Dekoratif

Lampu dekoratif juga sangat penting untuk dibahas. Ini juga tipe yang sering ditambahkan di kamar tidur.

Biasanya, wanita adalah yang paling suka menambahkannya. Berbeda dengan lampu general, jenis dekoratif harus lebih redup.

Itu karena, keberadaannya bukan untuk pencahayaan utama melainkan sekadar untuk tambahan. Ukurannya sendiri jauh lebih kecil.

Oleh sebab itu, watt nya sendiri jauh lebih rendah. Lampu ini berada di kisaran 6 hingga 8 watt.

  1. Anak

Hal Terakhir yang perlu dibahas ketika menanyakan berapa watt lampu untuk kamar tidur adalah kebutuhan untuk lampu anak.

Ini juga sangat perlu untuk diperhitungkan. Ketika menyiapkan ini, tidak perlu mempertimbangkan poin pencahayaan yang lebih redup.

Merupakan keputusan yang lebih tepat apabila menggunakan lampu normal. Itu karena, anak perlu mampu melihat setiap hal di ruangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh sebab itu, lampunya harus berada di kisaran 9-15 watt. Dengan itu, kondisi ruangan akan tetap terang seperti biasa.

Pilihlah Jenis Terbaik untuk Kamar Tidur

Ketika berbicara tentang berapa watt lampu untuk kamar tidur, pastikan untuk memilih jenis terbaik. Jangan sampai asal dalam memilihnya.

Sebagai saran, gunakanlah tipe LED. Tipe LED memiliki pencahayaan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis biasa.

Selain itu, radiasi yang ditimbulkannya juga jauh lebih kecil. Poin lain yang juga perlu diperhatikan dari tipe LED adalah kemampuannya untuk melakukan dimming.

Dimming sendiri adalah teknologi terbaru dimana pencahayaan lampu bisa diatur sehingga kondisinya bisa lebih redup. Ini jelas sangat tepat ketika digunakan untuk kamar tidur.

Namun tidak semua lampu LED menggunakan teknologi dimming. Hanya beberapa saja yang dibuat seperti itu.

Oleh karena itu, merupakan keputusan tepat apabila memilih tipe LED dimming ketika akan mencarinya. Menemukannya sendiri mudah karena sudah banyak dijual di pasaran.

Ketika Tidur, Lebih Baik Jika Lampu Dimatikan

Sebenarnya penggunaan lampu di kamar tidur bukan untuk dipakai ketika sedang tidur. Ini diperuntukkan untuk aktivitas di kamar tidur.

Jika sedang tidur, jauh lebih baik apabila lampu tersebut dimatikan. Dengan dimatikan, radiasi ke mata akan hilang sama sekali.

Perlu diketahui bahwa sensor pada mata sangat sensitif terhadap cahaya. Ketika tubuh tidur tetapi lampu menyala, sensor tersebut akan tetap merespons.

Oleh sebab itu, tubuh tidak akan beristirahat secara optimal. Merupakan keputusan lebih tepat apabila lampu dimatikan.

Dengan itu, kondisi istirahat 100 persen akan didapat. ini jelas sangat efektif untuk istirahat seseorang.

Perhatikan Setiap Aspek Penunjang Ruangan

Tidak tepat jika membahas berapa watt lampu untuk kamar tidur namun yang dibahasnya hanya watt lampu saja. Merupakan keputusan lebih tepat jika membahas setiap aspek yang menunjang ruangan.

Misal jika sebuah ruangan juga digunakan untuk belajar. Sebenarnya kurang tepat apabila hanya menggunakan lampu dengan kisaran 7 hingga 9 watt.

Merupakan keputusan lebih tepat apabila membahas juga lampu belajar yang akan digunakan di ruangan tersebut. Dengan itu, fungsi belajar tetap akan tertunjang dan tidur tidak akan terganggu.

Membahas watt lampu untuk tidur perlu mempertimbangkan banyak aspek. Dengan mempertimbangkan banyak aspek, seseorang pasti puas dengan hasilnya.

Tidak akan ada kondisi kecewa karena tidur merasa terganggu. Kejadian buruk semacam itu tidak akan dialami apabila jawaban dari berapa watt lampu untuk kamar tidur sudah dipahami.