PT. MEGA CITRA BESTARI

Mengapa Lampu LED Berkedip Sebelum Rusak?

Mengapa lampu LED berkedip sebelum rusak merupakan pertanyaan yang sering disampaikan oleh kebanyakan orang. Lampu menjadi sumber penerangan di berbagai tempat saat malam hari atau saat kita membutuhkan penerangan lebih.

Semakin hari semakin banyak jenis lampu yang bisa kita jumpai dan salah satunya adalah lampu LED. Meski banyak kelebihan, lampu LED juga bisa mengalami kerusakan akibat berbagai faktor yang berbeda-beda dan berikut indikasinya.

Mengapa Lampu LED Berkedip Sebelum Rusak?

Anda pasti sudah pernah menjumpai lampu yang berkedip-kedip, baik itu lampu bohlam hingga lampu LED. Normalnya, lampu akan memancarkan cahaya tanpa kedap-kedip, kecuali jika memang ada pengaturan yang membuat lampu berkedip.

Kali ini, kita akan membahas tentang lampu LED yang berkedip dan apa saja faktor yang menyebabkan hal tersebut. Lampu LED yang berkedip tentu dapat mengganggu fungsinya, apalagi jika fungsinya untuk penerangan.

Itulah mengapa kita harus lebih waspada apabila menjumpai lampu LED sering berkedip karena bisa menjadi pertanda adanya kerusakan. Kerusakan bisa terjadi pada satu bagian atau beberapa bagian, tergantung masing-masing kasus.

Apabila Anda menjumpai lampu LED Anda sering berkedip, maka sudah saatnya untuk dilakukan pengecekan terhadap lampu tersebut. Jika Anda terus membiarkannya begitu saja, maka bisa menyebabkan kerusakan lampu yang parah.

Kerusakan pada lampu tentunya disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda-beda dan salah satunya karena kerusakan pada komponen elektrolit. Komponen elektrolit memiliki fungsi penting pada lampu LED agar berfungsi baik.

Bagian inilah yang sering mengalami kerusakan karena memang bahannya yang paling rentan rusak dibanding bagian lain. Komponen elektrolit yang mengalami kerusakan bisa menyebabkan lampu LED terus mengalami kedap-kedip.

Jika Anda menjumpai lampu LED yang berkedip-kedip maka segera lakukan pengecekan pada bagian komponen elektrolitnya. Pengecekan ini mungkin tidak bisa dilakukan sembarang orang, jadi Anda bisa memanggil jasa yang ahli di bidangnya.

Solusi yang biasa dilakukan adalah penggantian komponen elektrolit yang baru. Namun, pastikan Anda memilih jasa service terbaik yang mampu memberikan pelayanan dalam mengatasi mengapa lampu LED berkedip sebelum rusak.

Fungsi Kapasitor dalam Lampu LED

Kondisi lain yang bisa menyebabkan lampu LED berkedip adalah karena adanya gangguan pada fungsi kapasitor. Selain komponen elektrolit, kapasitor juga memiliki fungsi penting pada lampu LED agar bisa bekerja dengan baik.

Kapasitor berfungsi untuk menghaluskan tegangan listrik dan melakukan penyerapan lonjakan listrik sehingga lampu LED bisa menyala dengan lebih stabil di mata manusia. Bagian ini juga berfungsi untuk membuat nyala lampu lebih awet.

Jika Anda melihat penerangan lampu dengan mata telanjang, mungkin akan mengira tidak ada yang salah atau nyala lampu stabil. Padahal, jika Anda melihatnya menggunakan kamera maka akan terlihat bahwa lampu tersebut berkedip.

Hanya saja, kedipan lampu bekerja dengan sangat cepat, bahkan lebih dari 60 kedipan per detiknya. Tidak heran jika mata manusia tidak bisa menangkap kedipan tersebut tanpa menggunakan alat khusus, seperti kamera.

Jika Anda bertanya mengapa lampu LED berkedip sebelum rusak, mungkin kondisi ini tidak termasuk di dalamnya. Hal ini dikarenakan lampu LED yang masih baru juga bisa mengalami kondisi demikian, yaitu mengalami kedipan cepat.

Namun, jika kedipan berlangsung lebih sering dan terlihat mata telanjang, bisa dimungkinkan ada bagian yang mengalami kerusakan, misalnya kapasitor. Tanpa adanya kapasitor, arus listrik pada lampu LED akan lebih sering berkedip-kedip.

Itulah mengapa kapasitor memiliki fungsi penting dalam menjaga kestabilan cahaya yang dihasilkan sehingga mampu memberikan penerangan dengan maksimal. Semakin sering terlihat berkedip, maka kerusakan kapasitor bisa semakin parah.

Kerusakan Semakin Cepat Jika Terbuat dari Komponen Abal-abal

Jawaban dari pertanyaan mengapa lampu LED berkedip sebelum rusak memang sering dikaitkan dengan kapasitor dan komponen elektrolit. Meski demikian, masih ada bagian lain yang bisa membuat lampu LED lebih sering berkedip.

Setiap komponen pada lampu LED pada umumnya memiliki masa yang berbeda-beda, ada yang bulanan, tahunan dan lain sebagainya. Jadi, seiring berjalannya waktu fungsi dari setiap komponen akan berkurang.

Namun, kerusakan bisa terjadi semakin cepat jika lampu yang digunakan terbuat dari komponen abal-abal. Sekarang ini, mudah bagi kita untuk menjumpai lampu LED tanpa brand atau tanpa kredibilitas sehingga hasilnya juga akan kurang maksimal.

Jadi bisa dibilang alasan mengapa lampu LED berkedip sebelum rusak karena adanya komponen pada lampu LED yang mengalami masalah karena kualitas rendah. Itulah mengapa kita harus bisa memilih lampu LED yang berkualitas.

Bagian penting yang berperan penting dalam kestabilan cahaya lampu LED adalah kapasitor lampu jadi Anda harus memastikan bahwa lampu tersebut terbuat dari kapasitor yang berkualitas agar lampu LED bisa berfungsi lebih lama atau awet.

Banyak merek lampu LED yang bisa Anda jumpai di pasaran sekarang ini. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih lampu LED yang berkualitas dari penjual berpengalaman sehingga tidak lagi ada pertanyaan mengapa lampu LED berkedip sebelum rusak.