PT. MEGA CITRA BESTARI

Mengenal Lampu LED yang Hemat Akan Energi

Lampu LED menjadi salah satu lampu yang banyak digunakan karena lebih hemat energi . kendati demikian lampu tersebut ternyata berpotensi mengalami kerusakan dikarenakan faktor teknis maupun non teknis, misalnya hangus terbakar saat terlalu lama digunakan. 

Di bawah ini akan kami jelaskan lebih lanjut mengenai penyebab lampu LED yang tiba tiba mati namun tetap banyak peminatnya. Simak yuk!

Keunggulan Lampu LED yang Banyak Peminat Meski Tiba-Tiba Mati

cara memperbaiki lampu led

Meskipun lampu LED tiba-tiba mati, ternyata peminatnya tidak berpindah ke lain hati. Kenapa? Berikut jawabannya!

  • Cahaya Lampu LED Lebih Terang 

Cahaya dari lampu LED yang terang menjadi alasan popularitas penggunaan LED oleh banyak orang. Meskipun demikian, masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahui bahwa lampu tersebut juga dapat rusak apabila digunakan dalam jangka panjang.

  • Konsumsi Daya dan Harga Lebih Efisien

LED dikatakan sebagai salah satu kemajuan teknologi yang mutakhir sebab lebih efisien dari dari segi konsumsi daya dan harga. Namun ternyata keunggulan tersebut menjadikan pedagang nakal melancarkan aksinya untuk mengedarkan barang palsu di pasaran. Alhasil lampu menjadi lebih cepat rusak karena komponen yang digunakan bukan barang asli.

  • Lebih Tahan Lama 

Lampu LED yang mendadak mati bukan sesuatu yang baru. Kebanyakan berasal dari rekondisi yang berkualitas buruk sehingga daya tidak stabil dan menyebabkan korsleting.

Penyebab Lampu LED Cepat Rusak

Walaupun memiliki keunggulan, ternyata lampu LED juga dapat cepat rusak loh. Dibawah ini beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan.

  • Daya Listrik Yang Tidak Stabil

Daya listrik yang tidak stabil menyebabkan lonjakan secara tiba-tiba. Hal ini dapat menjadi penyebab lampu rusak baik unit baru maupun hasil rekondisi.Cara mengatasinya dengan menggunakan penyeimbang daya (stabilizer), sebagai tindakan pencegahan pertama.

  • Kualitas Barang Dan Komponen Yang Kurang Terjaga

Penyebab lain rusaknya lampu LED adalah kualitas barang dan komponen yang kurang terjaga. Pastikan membeli unit baru yang komponen dalamnya terjaga dan bergaransi.

  • Disebabkan Oleh Panas Berlebih

Suhu panas berlebih dapat merusak komponen didalamnya dan membuat fitting cepat aus sehingga LED kehilangan fungsinya. Alhasil lampu menjadi cepat rusak. 

Baca Juga : Lampu LED tiba-tiba mati dan faktor penyebabnya

Lampu LED Berkedip Sebelum Mati

cara memasang lampu LED

Tahukah Anda bahwa sebelum lampu LED mati atau mengalami kerusakan, ternyata lampu akan berkedip terlebih dahulu. Apakah ada yang mengetahui alasannya? Yuk temukan jawabannya di bawah ini!

Penyebab Lampu LED berkedip Sebelum Mati

Rumah Anda pasti pernah mengalami hal yang seperti ada di film horor yaitu lampu yang berkedip-kedip, baik itu lampu bohlam hingga lampu LED. Normalnya, lampu akan memancarkan cahaya tanpa kedap-kedip, kecuali jika memang ada pengaturan yang membuat lampu berkedip.

Lampu LED sering berkedip bisa saja menjadi pertanda adanya kerusakan pada satu bagian atau beberapa bagian, tergantung masing-masing kasus.Lakukan pengecekan terhadap lampu tersebut supaya kerusakan tidak semakin parah.

Penyebabnya karena beberapa faktor yang berbeda-beda dan salah satunya akibat kerusakan pada komponen elektrolit, sehingga lampu akan berkedip-kedip. Percayakan pada ahlinya supaya kerusakan lekas teratasi.

Fungsi Kapasitor Pada Lampu LED

Penyebab lain yang menyebabkan lampu LED berkedip adalah adanya gangguan pada fungsi kapasitor yang berfungsi untuk menghaluskan tegangan listrik dan melakukan penyerapan lonjakan listrik sehingga lampu LED bisa menyala dengan lebih stabil.

Kedipan lampu bekerja sangat cepat, lebih dari 60 kedipan per detiknya. Tidak heran jika mata manusia tidak bisa menangkap kedipan tersebut tanpa menggunakan alat khusus, seperti kamera atau alat pendukung lainnya.

Kerusakan Semakin Cepat Apabila Terbuat dari Komponen Abal-Abal

Jawaban dari pertanyaan mengapa lampu LED berkedip sebelum rusak kerap dikaitkan dengan kapasitor dan komponen elektrolit. Meski demikian, masih ada bagian lain yang bisa membuat lampu LED lebih sering berkedip.

Namun, kerusakan bisa terjadi semakin cepat jika lampu yang digunakan terbuat dari komponen abal-abal tanpa brand atau tanpa kredibilitas sehingga hasilnya juga akan kurang maksimal. Kualitas dari unitnya sudah pasti rendah sehingga mudah rusak.

Baca Juga : Mengapa lampu LED berkedip sebelum mati

Perbedaan Banjir Lampu LED dan Lampu Sorot

Ketika membicarakan perihal penyebab kerusakan lampu LED, maka Anda juga harus mengetahui perbedaan antara banjir lampu LED dan lampu sorot. Pastikan Anda memilih pabrikan yang bagus.

Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Umumnya lampu banjir LED kerap dipakai diluar ruangan karena pencahayaannya bagus. Jangan sampai salah penggunaan, karena membuat sumber cahaya menjadi tidak efektif.

Perhatikan dengan baik apa saja yang menjadi pembeda kedua jenis sumber cahaya tersebut. Tujuannya agar bisa lebih maksimal dan memberikan hasil yang apik.

Lampu banjir LED memiliki fitur flood lamp LED yang memiliki daya sekitar 1 watt. Masing-masing segmen elemen memiliki lensa tinggi efisiensi. Elemen tersebut dibuat menggunakan PMMA.

Fungsi utama yakni agar dapat membagikan cahaya dari LED hingga dua kali banyaknya, yaitu dua optik sekunder. Flood lamp ini juga punya daya sebesar 3 watt di mana daya tersebut lebih tinggi.

Sedangkan lampu sorot merupakan sumber titik cahaya di mana dapat menyala dengan bersamaan di banyak arah. Pencahayaan ini paling banyak dipakai untuk keperluan produksi rendering.

Tentu saja banjir LED lampu dan lampu sorot tidak sama, bahkan kegunaannya sendiri juga berbeda. Lampu tersebut dipakai untuk menerangi objek bersamaan dalam satu titik di segala arah. Penerangan sorot tidak bisa dipakai dalam waktu lama, karena renderingnya menjadi kusam. 

Perbedaan dengan lampu sorot juga tampak dari efek pencahayaan yang dihasilkan. Nantinya dapat membuat rendering jadi kusam, maka jenis penerangan ini tidak boleh dipakai lama. Pada saat memproduksi juga harus diperhatikan mengenai pencahayaannya dan juga dampak yang dihasilkan pada pencahayaan.

Selain itu, pencahayaan sorot  mempunyai blok paling tepat dengan pantulan cahaya yang terbaik. Cahaya yang dihasilkan simetris di mana memberikan hasil sudut luas serta asimetris pada pembagian cahayanya.

Perbedaan banjir LED lampu dan lampu sorot ini juga tampak dari tingkat pencahayaan di keduanya. Penerangan sorot kerap dinamai juga sebagai proyeksi lampu yang sering dipakai sebagai pencahayaan pada dekoratif arsitektur.

Komponennya lebih berat serta ada banyak desain dan gaya yang terdapat didalamnya. Sementara itu, lampu banjir merupakan sumber cahaya titik dimana dapat dibagikan secara merata hingga seluruh tempat ke segala penjuru arah.

Tingkat pencahayaannya dapat disesuaikan oleh penggunanya loh, pastinya penerangan ini bisa dipakai untuk menerangi semua area yang ada disekitar. Sebaiknya Anda mengetahui perbedaan antara keduanya supaya dapat berfungsi secara maksimal.

Itulah tadi pembahasan seputar lampu LED. Semoga dapat membantu Anda untuk dapat menggunakan lampu LED secara optimal dan terhindar dari kerusakan.

Baca Juga : Memahami Perbedaan Antara Banjir LED Lampu dan Lampu Sorot

PT Mega Citra Bestari dipercaya untuk memegang lisensi distributor lampu LED Ligman. Lampu dan produk Ligman sudah terkenal karena modelnya yang sangat modern dan kualitasnya yang superior. Temukan berbagai model lampu dan produk Ligman dan beberapa merek lainnya pada PT Mega Citra Bestari. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.