PT. MEGA CITRA BESTARI

Hemat! Ini Alasan Kenapa Harus Pakai Lampu LED di Rumah

Sekarang ini memang banyak orang menggunakan pakai lampu LED di rumah. Light Emitting Diode (LED) ini memang kepopulerannya bukan tanpa alasan, pasalnya ada banyak kelebihan yang dimilikinya.

Mulai dari sisi keuangan keluarga yang menggunakan hingga keamanan pada lingkungannya juga terjaga. Lampu ini merupakan produk diode di mana pancaran dari cahayanya disusun hingga menjadi sumber cahaya.

Untuk sumber cahaya ini sendiri juga berasal dari semi-konduktor, di mana tidak memerlukan bahan karbon untuk proses produksinya. Namun harga yang dibanderol untuk jenis pencahayaan ini tidak murah dibanding jenis bohlam umumnya.

Jadi tidak heran jika masih banyak orang tidak mau memakai jenis penerangan satu ini. Tetapi beberapa orang juga membuktikan jika sumber cahaya tersebut tahan lama, dibandingkan dengan jenis lampu lain.

Masyarakat yang memilih jenis pencahayaan LED tersebut harus merogoh kantong sedikit lebih dalam. Namun tenang, karena hasil yang didapatkan juga lebih banyak karena manfaatnya sendiri juga cukup besar.

Karena bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama pengguna tidak harus menggantinya terlalu sering. Hal ini tentu bisa lebih menghemat, karena Anda tidak harus sering membeli bohlam baru untuk pengganti.

Anda harus paham dengan baik keefektifan memakai lampu ini dibandingkan jenis lain. Sehingga walaupun sedikit lebih mahal, namun keuntungannya sendiri cukup besar dibandingkan jenis penerangan lain.

Kenapa Harus Pakai Lampu LED di Rumah

Sebelum mengetahui keunggulan menggunakan LED, maka Anda wajib paham mengenai alasannya mengapa harus memakai LED di rumah. Kenali alasan mengapa harus mengganti lampu di rumah menjadi LED.

  1. Tidak mudah rusak

Umumnya lampu bohlam memang punya penutup dimana bahan yang dipakainya sendiri terbuat dari kaca. Sehingga menyebabkan bohlam akan sangat gampang pecah atau rusak jika terbentur sedikit saja.

Sementara itu, dalam LED lamp sendiri, penutupnya dibuat menggunakan bahan plastik. Sehingga membuat daya tahannya sendiri lebih bagus, bahkan dapat dikatakan tahan banting daripada bohlam umumnya.

Tutup lepas merupakan satu-satunya hal yang dianggap sebagai kerusakan yang paling sering ditemukan dalam penerangan ini. jika kerusakan tersebut terjadi juga lampu masih bisa digunakan dengan sangat bagus tanpa ada penutupnya.

  1. Tahan lama

Selain itu alasan pakai lampu LED di rumah lainnya ialah karena awet dibandingkan biasanya. Pada sumber cahaya biasa memerlukan sebuah gas khusus di mana disimpan dalam penutupnya agar dapat mengeluarkan cahaya.

Hal tersebut pastinya berbeda dengan jenis LED, di mana tidak memerlukannya. Itu jugalah yang membuat light emitting jadi bisa hidup terus sampai penggunaan hingga 10 ribu jam.

Bahkan jika dibandingkan lampu pijar, LED ini sendiri 30 kali lebih awet dalam penggunaannya. Sedangkan dibanding lampu hemat energi, terbukti masih tetap hemat 10 kalinya.

  1. Hemat energi

Hal tersebut dikarenakan dibanding bohlam umumnya, intensitas cahaya yang diberikan lebih besar tiap satu watt-nya. Lampu biasa menunjukkan jika konsumsi dayanya lebih sedikit, sehingga lebih hemat memakai lampu LED di rumah.

Bahkan saat ini dalam dunia otomotif juga mulai menggunakan LED untuk pencahayaannya. Sebab memang dibanding jenis lainnya, light emitting diode ini lebih hemat untuk energinya.

  1. Ramah lingkungan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, LED tidak memerlukan gas agar bisa mengubahnya menjadi cahaya. Sementara itu energi yang diperlukan juga sedikit dibandingkan jenis lampu lainnya.

Keefektivitasan dari light emitting ini sendiri juga tinggi dan hampir semua energi yang didapatkan diubah menjadi cahaya. Bahkan hanya sedikit saja energi yang diubah jadi panas.

Jika lampu hemat energi yang Anda pakai pecah, maka mercury didalamnya bisa dihirup orang sekitar. Sedangkan mercury sendiri sangat membahayakan kesehatan manusia, beda dengan LED yang tidak ada mercury-nya.

  1. Hemat biaya

Karena pemakaian listriknya terbilang cukup rendah dibanding jenis pencahayaan lainnya. Tidak heran jika konsumsi listrik yang digunakan juga lebih rendah, sehingga Anda juga dapat menghemat biayanya.

Anda bisa membayangkan, pada satu LED lamp, bisa memberikan penghematan daya hingga 80%. Tentu saat pakai lampu LED di rumah atau kantor bisa dihitung berapa besar penghematannya.

Apalagi daya tahan lampunya sendiri relatif lebih awet tahan lama dibanding bohlam biasa atau bahkan lampu hemat energi. Tidak heran jika membuat penggunanya semakin menghemat biaya.

  1. Nyala terang

Beda dengan jenis lampu compact fluorescents di mana memerlukan waktu cukup agar bisa memberikan tingkat terang maksimal. Pada LED ini akan langsung nyala terang ketika dinyalakan, tanpa menunggu waktu lama.

Untuk tingkat terangnya sendiri juga lebih stabil walaupun tanpa flicker sekalipun. Sama seperti dengan bohlam biasa, terangnya jauh berbeda, di mana 5 watt LED seperti 40 watt bohlam biasa.

Meskipun harga dari lampu LED memang lebih mahal dibandingkan yang biasanya. Namun jika Anda hitung total semuanya, maka jenis ini akan menawarkan lebih banyak keunggulan untuk para penggunanya sendiri.

Keunggulan light emitting diode ini memang membuat banyak orang tertarik. Masih ada banyak alasan yang membuat mengapa harus pakai lampu LED di rumah, sehingga Anda bisa membandingkannya. 

Sebagai distributor lightning di Indonesia, PT Mega Citra Bestari dipercayai untuk memegang lisensi distributor lampu LED Ligman. Kami menjual berbagai macam lampu Ligman seperti lampu LED Annet, Harrier, LBX, dan Jannet. Silahkan hubungi kami untuk konsultasi gratis mengenai kebutuhan Lampu LED Anda.