PT. MEGA CITRA BESTARI

Circuit Breaker – MCB dan MCCB – Bedanya Apa?

Banyak sekali orang bingung mengenai perbedaan antara circuit breaker MCB dan MCCB. Mengingat kedua benda tersebut sering ditemukan jika bekerja di bidang listrik. Dan kedua benda ini memiliki manfaat tersendiri sehingga jika ingin bekerja secara maksimal maka harus menggunakannya dengan tepat.

Sebelum mengetahui perbedaannya, mungkin bisa dijelaskan sedikit mengenai Circuit Breaker. Circuit Breaker biasa disebut CB adalah salah satu komponen dalam instalasi listrik yang berfungsi untuk melindungi dan memutuskan arus listrik jika terjadi beban berlebih atau terjadi hubung singkat atau korsleting. 

Nah, CB sendiri memiliki banyak jenis, termasuk MCB (miniatur circuit breaker) dan juga MCCB (Molded Case Circuit Breaker). Berikut persamaan antara MCB dan MCCB :

  1. Keduanya sama-sama termasuk dalam katagori Circuit Breaker tegangan rendah.
  2. Sama-sama berfungsi sebagai keamanan jika terjadi tegangan yang tidak normal (alat pengamanan maupun pemutus sistem kelistrikan)
  3. keduanya memiliki Cara dan lokasi pemasangan yang sama.

Bagaimana dengan perbedaan keduanya?

Perbedaan MCB dan MCCB

Circuit Breaker – MCB dan MCCB – Bedanya Apa

Perbedaan antara kedua circuit breaker ini terlihat jelas pada bagian bentuk fisiknya. Dan juga spesifikasi karakteristik yang dimilikinya seperti pada tabel berikut ini :

 Tabel Perbedaan Spesifikasi antara Miniatur Circuit Breaker dan Molded Case Circuit Breaker

KarakteristikMCBMCCB
Rating Arus
Sampai dengan 63 A
Sampai dengan 1000 A
Harga
Lebih murah
Lebih mahal
Ukuran
Kecil
Besar
Trip Level
Tetap
Dapat disesuaikan
Interupting Capacity
Batas maksimal 1800 amp
Sekitar 10 KA – 200 KA
Under trip voltage
Tidak
Ya
Sirkuit Tripping
Tetap
Bergerak
Penggunaan
Rumah, Industri, Komersil
Industri, Komersil

Dari tabel perbedaan di atas, bisa dijelaskan sebagai berikut :

Perbedaan Pada Arus Interupsinya

Arus interupsi adalah arus maksimum yang dapat ditahan oleh CB. Apabila penggunaan arus berlebihan dari batas maksimalnya maka dapat dilakukan pemutusan sistem tanpa adanya terdistorsi. 

Untuk MCB sendiri batas maksimalnya mencapai 1800 amp sedangkan untuk MCBB hanya 10k sampai 200k. Kondisi seperti ini pastinya memberikan pengaruh terhadap kebutuhan penggunaannya, sebab jika digunakan pada gedung dengan kebutuhan listrik lebih banyak maka harus menggunakan MCCB. Dengan hal ini maka seluruh ruangan bisa bekerja dengan maksimal dan dapat dialiri listrik.

Rating Arus 

Rating arus adalah arus yang dibutuhkan oleh circuit breaker untuk bisa beroperasi. Rating arus perangkat MCB mempunyai kapasitas yang lebih kecil yaitu hingga 63 Ampere, sedangkan perangkat MCCB mempunyai kapasitas yang lebih besar yaitu hingga 1000 Ampere. Dengan perbedaan spesifikasi karakteristik rating arus tersebut juga terjadi perbedaan dalam hal pemakaiannya. MCB biasa digunakan pada peralatan dengan konsumsi arus yang relatif kecil seperti peralatan yang digunakan pada rumah tangga, sedangkan MCCB digunakan pada peralatan dengan konsumsi arus yang relatif besar seperti peralatan yang digunakan pada industri.

Perbedaan Pada Bagian Sirkuit Tripping

Perbedaan circuit breaker MCB dan MCCB bisa terlihat pada bagian sirkuit tripping. Mungkin banyak dari Anda tidak mengetahui apa itu sirkuit tripping. Sirkuit tripping berfungsi untuk menghidupkan ataupun mematikan aliran listrik. Jadi ketika listrik mengalir pada bagian MCB maupun MCCB maka jika menurut kedua benda ini memiliki masalah maka mereka akan mematikan secara otomatis.

Kondisi seperti ini bertujuan untuk melindungi peralatan listrik yang sedang beroperasi jauh dari kerusakan, sebab jika aliran listrik yang diterima tidak stabil atau tidak cukup maka tidak hanya membuat peralatan menjadi rusak namun bisa menyebabkan konslet bahkan yang paling berbahaya adalah menyebabkan kebakaran. Tentunya untuk bagian MCB sendiri sirkuit trippingnya tetap.

Namun berbanding terbalik dengan MCCB yang bergerak, tidak heran karena hal kecil ini juga fungsinya menjadi berbeda. Jadi jangan sampai salah dalam menggunakannya dimana bisa memperhatikan pada bagian sirkuitnya. Sebab jika salah menggunakannya circuit breaker MCB dan MCCB maka bisa membuat sistem tidak bisa bekerja secara maksimal.

Pole/ Phase/ Jalur

Pada circuit breaker, pole/ jalur/ phase adalah jumlah fase yang digunakan oleh pemutus sirkuit untuk switching dan proteksi. Pada MCB memiliki 1, 2, atau 3 jalur/ pole/ phase sedangkan pada MCCB bisa memiliki 1, 2, 3, bahkan 4 pole/ jalur/ phase. 

Semoga dengan membaca artikel mengenai perbedaan antara MCB dan MCCB ini mampu menyelesaikan permasalahan Anda semua yang masih bingung apakah harus menggunakan MCB atau MCCB. Jika bermanfaat silahkan share materi ini agar manfaatnya dapat di rasakan lebih banyak lagi.