PT. MEGA CITRA BESTARI

Ragam Jenis Saklar Listrik dan Informasi Lengkapnya

Seperti yang kita tahu, jenis saklar listrik kini banyak ragamnya. Saklar sendiri dirancang untuk menghubungkan dan memutus rangkaian listrik yang ada. Kini banyak saklar yang bisa Anda temukan, apalagi fungsi dari alat ini untuk menjalankan suatu perangkat agar bisa di setting ON atau OFF nya. 

Itu artinya, sakelar menjadi bagian penting sebagai sistem kontrol. Di mana fitur Fully ON digunakan untuk menutup kontaknya dan Fully OFF untuk membuka kontaknya.

Nantinya ketika kontak ditutup (OFF), maka saklar akan menciptakan jalur tertutup atau yang biasa disebut close circuit sehingga arus listrik dapat mengalir. Sedangkan jika dibuka (ON), maka tidak ada daya yang dikonsumsi oleh beban atau normally Open. 

Jenis-jenis Saklar Listrik yang Berfungsi Baik

Yang harus Anda tahu, jenis sakelar dibedakan menjadi dua yakni saklar mekanis dan elektronik. Di mana pada saklar mekanis harus diaktifkan terlebih dahulu, dengan cara ditekan, dilepaskan, digerakan atau menyentuh kontaknya. 

Sedangkan pada saklar elektronik tidak membutuhkan kontak fisik atau apapun untuk mengontrol sirkuit yang ada. Biasanya saklar elektronik menggunakan semikonduktor.

  1. Push Button Switch (Saklar Tombol Dorong)

Push Button Switch atau yang biasa dikenal dengan saklar tombol dorong yang dapat menghubungkan aliran arus listrik ketika ditekan tombolnya, lalu akan kembali off  setelah dilepas. Biasanya saklar tombol dorong digunakan untuk susunan elektronik yang dipadukan dengan rangkaian pengunci.

  1. Toggle Switch

Adalah saklar pengalih yang digerakan dengan tuas atau toggle ke salah satu posisi dari dua atau lebih posisi yang ada, dengan tujuan menyambungkan aliran listrik atau justru sebaliknya.

  1. Selector Switch

Saklar pemilih atau selector switch merupakan jenis saklar listrik yang diaplikasikan dengan cara memutar. Biasanya Selector Switch digunakan pada rangkaian listrik yang memiliki fitur on dan off, baik itu dua, tiga atau bahkan lebih. 

Untuk penggunaan sendiri bisa diputar secara manual menggunakan tangan Anda, agar posisinya sesuai.

  1. Saklar Mekanik

Biasanya saklar mekanik digunakan untuk proteksi rangkaian dan juga otomatisasi. Nantinya saklar secara otomatis akan ON or OFF ketika parameter berubah. 

Contoh dari perubahan parameternya sendiri yaitu untuk kepentingan tekanan, posisi dan temperatur. Kemudian saklar akan berubah ON atau OFF jika settingan yang dipilih sudah berhasil. 

Untuk saklar satu ini memiliki ragam jenis, mulai dari Temperature Switch, Limit Switch, Level Switch, Flow Switch dan Pressure Switch. Biasanya saklar ini digunakan pada mesin Magic Com.

  1. Limit Switch

Seperti yang Anda tahu, saklar ini biasa digunakan untuk kepentingan otomas industri perusahaan. Fungsinya sendiri adalah sebagai pengaman, penguncian, pengendali hingga menghitung objek yang melewati satu titik.

  1. Saklar Temperatur

Saklar temperatur atau yang biasa disebut thermostat ini memiliki cara kerja tersendiri yaitu dengan penyesuaian suatu temperatur. 

Nantinya ada penemuan cairan dari chamber yang tertutup oleh sealed chamber, sehingga mengalami perubahan kontrak elektrik pada trigger. Jadi, chamber ini terdiri dari tabung silinder dan kapiler yang terbuat dari stainless steel. 

  1. Flow Switch

Mungkin Anda sudah tahu, Saklar Flow Switch memiliki fungsi untuk mendeteksi perubahan gas pada aliran cairan, berbagai viskositas atau pipa.

Jika tidak ada aliran pada cairan pipa, maka secara otomatis kontak pada tuas piston tidak bergerak. Ini terjadi karena tekanan disebelah kiri dan kanan tuas itu sama. 

Namun jika ada aliran, maka tuasnya akan bergerak sehingga dapat menyambung rangkaian atau justru sebaliknya.

  1. Float Switch

Disebut juga saklar level yang berfungsi untuk mengontrol level permukaan cairan pada tangki. Nantinya posisi level cairan ini digunakan untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Adapun posisi saklar yang ada yaitu berbentuk vertikal atau horizontal,

Di atas adalah beberapa jenis saklar listrik yang dapat menyambungkan atau memutus rangkaian listrik baik secara otomatis ataupun manual.  

Sebagai Distributor Legrand Surabaya di Indonesia, PT Mega Citra Bestari menjual berbagai macam produk Legrand seperti sockets, switch, aksesoris, saklar, dan lainnya yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan katalog lengkap harga lampu atau MCB Legrand kami. Kami juga menyediakan jasa pemasangan industrial lighting, commercial lighting, hospitality lighting, and residential lighting.