PT. MEGA CITRA BESTARI

Cara Memasang Lampu LED

Cara memasang lampu LED atau LED Lightsebenarnya sangat mudah. Namun Anda harus hati-hati saat memasangnya karena jenis pencahayaan satu ini sangat rentan terhadap kerusakan. Jika misalkan dipasang secara kasar, bisa jadi LED akan rusak dan tidak menyala dengan sempurna. Tentu saja ini akan sangat mengesalkan.

Karenanya sangat penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara pemasangan lampu dengan cara baik dan benar. Pada sebuah kesempatan kali ini kami akan memberikan Anda sebuah cara mengenai bagaimana cara pemasangan sebuah LED Lightdengan cara yang lengkap agar Anda tidak melakukan sebuah kesalahan. Namun tentunya Anda harus mengikuti cara-cara ini secara sistematis.

Perlu dipahami LED Lightini sendiri terdiri dari berbagai jenis. Jenisnya tentu bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Biasanya jenis LED ini sendiri ada yang memiliki satu warna, dua warna, atau bahkan kombinasi. Bentuk kelompoknya sendiri ada single ada juga yang multiple dan memanjang seperti tali.

Saat hendak melakukan sebuah pemasangan pada lampu jenis ini, tentu saja ada urutan langkah-langkah yang harus Anda ikuti pada sejak awal. Langsung saja ini dia langkah-langkah dan cara memasang lampu LED dengan baik dan benar di rumah Anda. Baik indoor maupun outdoor.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memasang Lampu LED

Sebelum kita melakukan pemasangan LED Light, tentu saja ada beberapa hal penting harus kita persiapkan sejak awal. Hal pertama paling penting tentunya ada lampu itu sendiri. Pastikan untuk memilih jenis LED Lightyang sesuai kebutuhan. Apakah Anda hendak memasang lampu yang single atau multiple, biasanya hal ini disesuaikan dengan kondisi rumah masing-masing.

Tidak hanya lampu saja, hal lain juga harus dipersiapkan adalah dudukan lampu. Dudukan ini diperlukan jika Anda memilih lampu single. Adapun jenis dudukan yang biasa digunakan adalah dudukan E27. E27 ini merupakan standar dudukan lampu atau fitting yang digunakan di indonesia. Huruf e nya berasal dari penemu lampu itu sendiri yakni Edison atau Thomas Alva Edison. Sedangkan angka 27 yang mengikutinya adalah diameter dari fitting lampu tersebut.

Untuk Anda yang ingin cara memasang lampu LED lebih mudah, Anda bisa juga menyiapkan stik lampu. Stik lampu ini adalah perangkat khusus dan biasa digunakan untuk memasang berbagai jenis lampu, termasuk LED pada ketinggian yang tidak terjangkau dengan mudah. Namun masih sangat jarang orang yang memiliki stik lampu ini.

Jika Anda tidak memiliki stik lampu, Anda harus menyiapkan tangga sesuai dengan ketinggian titik pemasangan. Namun penggunaan tangga ini biasanya berisiko bagi mereka yang takut akan ketinggian. Jadi penggunaannya bisa disesuaikan dengan kondisi Anda masing-masing.

Selebihnya persiapan juga perangkat lain seperti tang, tespen, kabel secukupnya, dan paku kabel atau klem. Jika perangkat tersebut sudah ada siapa seluruhnya, kita bisa melanjutkan cara memasang lampu LED ini ke tahap selanjutnya.

Proses Pemasangan Sebuah Lampu LED Light

Dalam sebuah proses pemasangan lampu ini, tentu saja ada beberapa langkah-langkah yang harus untuk dilakukan. Bagi Anda yang kali ini masih merasakan sebuah kebingungan dengan bagaimana cara pemasangannya, ikuti beberapa langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini secara sistematis. Jangan melakukannya secara asal karena hal ini akan berisiko membuat LED Light Anda menjadi rusak.

  1. Tentukan titik lokasi pemasangan
  2. Siapkan LED Lightyang sudah Anda beli sebelumnya
  3. Sambungkan kabel yang sudah Anda siapkan sebelumnya ke fitting E27. Masukkan kabel positif ke positif, dan begitu juga kabel yang negatif. Pada ujung lainnya sambungkan kabel pada fitter atau saklar yang nantinya akan kita masukkan ke sumber listrik.
  4. Cara memasang lampu LED selanjutnya adalah memastikan panjang kabel sesuai dengan jarak dari fiting atau titik pemasangan ke sumber listrik. Jangan sampai kurang atau terlalu lebih.
  5. Pasang fitting E27 yang sudah Anda sambungkan dengan kabel ke titik pemasangan.
  6. Anda bisa menggunakan tangga jika titik pemasangan memang terlalu tinggi. Namun pastikan tangga seimbang dan tidak rentan patah. Cek dulu kondisi tangga sebelum menggunakannya.
  7. Tarik kabel dari fitting E27 yang sudah dipasang mendekat ke arah sumber listrik. Agar kabel kencang Anda bisa mematoknya dengan klep atau paku kabel yang sudah disiapkan sebelumnya.
  8. Setelah kabel tertata rapi dan semua instalasi Anda siapkan, pasang LED Lightyang sudah dibeli kepiting yang sudah disiapkan tersebut.
  9. Hubungkan kabel ke sumber listrik dan lihat apakah LED Light Anda menyala atau tidak.
  10. Jika LED Lightmenyala sempurna berarti proses instalasi selesai dan Anda melakukannya dengan benar.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memasang Lampu LED

Setelah Anda melakukan cara memasang lampu LED di atas, pastikan untuk memperhatikan poin-poin penting yang biasanya disepelekan oleh para pemula. Pertama pastikan tidak ada kabel yang luka atau lecet. Kabel seperti ini akan membawa listrik keluar dari tembaga dalam dan menyebabkan setrum mengalir dengan bebas. Kabel yang seperti ini tentunya juga akan sangat berbahaya bagi suatu keselamatan Anda dan keselamatan bagi keluarga Anda.

Selain itu pastikan juga LED Lightyang Anda beli berada dalam kondisi yang maksimal. Tidak putus dan cahayanya juga terang. Saat ini ada banyak sekali jenis lampu lain yang bisa dipilih dari mulai lampu single yang disimpan di atas piting, ataupun lampu multiple yang seringkali dibelitkan di pojok-pojok kamar. Bagi Anda yang masih pemula, cara-cara di atas tentu bisa membimbing Anda dalam melakukan instalasi LED Lightsecara sempurna. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan melakukan kesalahan pada saat memasangnya. Namun pastikan untuk mengikuti cara memasang lampu LED di atas secara berurutan.

Temukan berbagai jenis lampu LED philips di katalog website kami.