PT. MEGA CITRA BESTARI

Ketahui Keunggulan Lampu LED Berikut Ini!

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode, yaitu salah satu jenis perangkat semikonduktor yang mengeluarkan cahaya saat arus listrik melewatinya. LED merupakan bagian dari tujuh segmen dalam jam dan pengatur waktu digital dan juga digunakan pada remote control.

LED dikembangkan pertama kali lebih dari 50 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1962, dan mulai diproduksi dan dikomersialkan sejak tahun 1980. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai lampu LED lainnya yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan Lampu LED untuk Hunian Anda

Lampu bohlam LED dapat menunjang dari segi estetika dan juga dapat memberikan kenyamanan dalam hunian Anda. Namun, pemilihan jenis lampu yang sembarangan ternyata berpotensi untuk merusak mata. Teknologi lampu LED menawarkan beragam keunggulan yang menarik, simak penjelasannya berikut ini:

Lebih Hemat Daya

Bohlam LED, jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya jauh lebih hemat karena menggunakan daya listrik yang lebih rendah. Berdasarkan studi bahkan disebutkan bahwa bohlam LED dapat meningkatkan efisiensi energi sampai 70%, berarti listrik menjadi lebih hemat karena penggunaan bohlam LED.

Ramah Lingkungan

Selain menghemat daya, bohlam LED dinilai ramah lingkungan karena penggunaan dayanya yang lebih rendah. Karena dengan sedikitnya penggunaan atau kebutuhan daya, maka pemanasan global juga akan berkurang. Selain itu, bahan untuk pembukaan bohlam LED aman dan ramah lingkungan, karena tidak terdapat kandungan merkuri yang dapat merusak lingkungan.

Menunjang Penampilan Hunian

Bohlam LED juga dapat menciptakan kesan dekorasi yang cantik dan menarik. Hal tersebut ditunjang dengan cahaya bohlam yang terarah, sehingga bagus untuk keindahan atau nilai estetika yang ada. Penggunaan lampu LED ini akan membuat desain interior lebih dinamis, karena dapat menciptakan pencahayaan ruangan yang unik dan variatif.

Lebih Aman dan Tidak Berbahaya

Sebuah lampu biasanya akan memberikan efek panas, tetapi lampu LED justru mengubah panas menjadi cahaya. Daya yang berpindah menjadi cahaya lampu, membuat bohlam LED menjadi lebih aman meski tidak sengaja tersentuh. Selain itu, voltase dari lampu tersebut juga sangat kecil, dan mengurangi risiko bahaya.

Awet dan Tahan Lama

Keunggulan lain dari bohlam LED adalah durabilitasnya yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Pemakaian bohlam LED sekitar 50.000 sampai 100.000 jam, yaitu 30 kali lebih awet dibanding lampu jenis lainnya, dan 10 kali lebih hemat energi dibanding lampu lainnya.

Keunggulan lain mengenai lampu bohlam LED dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul 7 Kelebihan Lampu Bohlam LED untuk Hunian Anda.

Apa Saja Keunggulan Lampu LED Dibandingkan dengan Lampu Biasa?

Lampu LED ternyata memiliki banyak sekali keunggulan dibanding lampu jenis biasa, sehingga keberadaan lampu LED ini sangat perlu untuk dimanfaatkan. Simaklah beberapa penjelasan berikut ini:

Usia Lebih Lama

Lampu LED jauh lebih tahan lama dibandingkan lampu jenis biasa. Menurut beberapa survei, lampu LED dapat bertahan lebih lama selama 2 sampai 4 kali dibandingkan lampu jenis biasa. Jika dibandingkan dalam hitungan jam, ketahanan lampu LED dapat mencapai 50.000 sampai 100.000 jam. Jika penghitungannya, sebuah lampu menyala sekitar 14 jam sehari, maka lampu LED tersebut dapat bertahan lama sekitar 10 tahun.

Hemat Listrik

Lampu LED diyakini lebih hemat penggunaan listriknya. Lampu LED yang dibandingkan dengan lampu jenis biasa, lebih hemat sekitar 60-70%. Oleh karena itu, lampu LED ini menjadi pilihan banyak orang.

Daya Rendernya Baik

Daya render disebut juga dengan CRI atau Color Rendering Index. Daya render tersebut membahas tentang bagaimana lampu dapat menonjolkan warna asli dari sebuah benda. Sebuah tempat pekerjaan yang membutuhkan ketelitian pada warna, pasti akan memilih untuk menggunakan lampu LED.

Adaptif

Lampu LED juga dianggap sangat adaptif, cuaca seperti apa pun tidak akan menjadi masalah bagi lampu LED ini. Oleh karena itu, lampu LED dapat digunakan pada daerah dengan suhu panas maupun suhu yang rendah. Hujan maupun panas pun tidak akan merusak lampu LED tersebut.

Voltasenya Rendah

Keunggulan lampu LED selanjutnya adalah voltase yang dibutuhkan oleh lampu LED ini sangat rendah. Oleh karena itu, lampu LED juga sangat tepat untuk digunakan di luar rumah atau outdoor.

Anda dapat mengetahui keunggulan lain dari lampu LED dengan membaca artikel yang berjudul Apa Keunggulan Lampu LED Dibanding Lampu Biasa.

Inilah Kelebihan Lampu LED, Ternyata Lebih Hemat Dibanding Lampu Pijar

Kelebihan lampu LED sangat optimal dalam hal penerangan adalah dapat menghemat daya watt sehingga pemakaian listrik pun juga lebih dapat dihemat. Selain itu, penggunaan lampu LED juga ramah lingkungan dan umur penggunaannya sangat lama. Sehingga, ketika lampu LED dibandingkan dengan lampu pijar biasa, tentu orang-orang cenderung memilih lampu LED walaupun lebih mahal.

Mencari Tahu Keunggulan Lain Lampu LED

Lampu LED atau Light Emitting Diodes, dilengkapi teknologi terkini yang dapat menarik minat para penggunanya. Lampu LED ini lebih efisien dibanding lampu jenis halogen, fluorescent, bahkan lampu pijar. Berikut ini adalah keunggulan lampu LED yang dapat Anda rasakan:

  • Lampu LED lebih sejuk dan tidak mudah terbakar.
  • Lampu LED mampu bertahan lebih lama.
  • Lampu LED memiliki kualitas pencahayaan yang lebih baik.
  • Lampu LED mampu menjaga fokus penerangan.
  • Lampu LED sangat bagus sebagai lampu dekoratif.

Perhatikan Tips Membeli Lampu LED Supaya Hemat Listrik Berikut Ini

Setelah Anda mengetahui apa saja keunggulan dari lampu LED dibandingkan lampu pijar atau jenis lampu lainnya, Anda tentu saja juga perlu mengetahui beberapa tips untuk membeli lampu LED, supaya Anda lebih bisa menghemat pengeluaran listrik di hunian Anda. Simak beberapa poin berikut ini:

  • Pilihlah warna sesuai tujuan penggunaannya.
  • Menyesuaikan daya watt dengan kebutuhan Anda.
  • Memilih lampu LED yang memiliki fitur pengontrol kecerahan.
  • Memperhatikan daya tahan lampu LED.
  • Menentukan lokasi untuk meletakkan lampu LED.
  • Memutuskan berapa jumlah lampu LED yang Anda butuhkan.

PT Mega Citra Bestari dipercaya untuk memegang lisensi distributor Lampu Philips. Lampu dan produk Philips sudah terkenal karena modelnya yang sangat modern dan mampu menghemat energi hingga 80% jika dibanding bola lampu konvensional. Temukan berbagai model lampu dan produk Philips dan beberapa merek lainnya pada PT Mega Citra Bestari. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.