PT. MEGA CITRA BESTARI

Cara Memasang Stop Kontak Lantai dan Langkah-langkahnya

Stop kontak lantai merupakan salah satu benda elektronik yang banyak digunakan dalam skala rumahan hingga perkantoran, karena instalasinya dinilai sangat mudah. Selain itu, kelebihan lainnya adalah tahan lama dan kuat.

Berikut ini, Anda akan diarahkan untuk melihat cara memasang benda elektronik tersebut secara bertahap dengan menggunakan beberapa peralatan. Mulai dari menyiapkan bahan, melubangi lantai, proses instalasi, pemasangan, hingga tes kinerjanya.

Tahap Pemasangan Stop Kontak Lantai

Di bawah ini adalah beberapa tahap yang bisa digunakan untuk memasang stop kontak lantai.

1. Siapkan Material untuk Pemasangan Stop Kontak Lantai

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum masuk ke proses instalasi adalah menyiapkan materialnya terlebih dahulu. Mulai dari kabel Nym, pipa conduit ukuran 20mm beserta shock-nya, kawat, paku, lem, dan mcb.

2. Peralatan Kerja yang Akan Digunakan Saat Proses Pengerjaan

Jika material dirasakan telah lengkap, kemudian siapkan peralatan pendukung untuk proses kerja seperti obeng plus minus, tang potong maupun kombinasi, palu, gunting pipa dan gergaji besi berukuran kecil, hingga tespen

3. Bongkar Lantai Rumah Sebagai Tempat Pipa dan Inbow

Pertama-tama lubangi lantai terlebih selebar 4 cm hingga 5cm dahulu dengan menggunakan gerinda sebagian media untuk memasang pipa conduit. Buat lagi dengan diameter 1cm hingga 1,5cm untuk dudukan inbow besi.

4. Pasang Pipa dan Kabel Listrik di Dalam Lantai

Baik pipa maupun kabel listrik, keduanya bisa dipasang secara bersamaan guna menghindari terjadinya kesalahan jika harus dilakukan satu persatu. Proses kerja akan lebih sulit jika benda-benda tersebut sudah ditutupi semen.

5. Pemasangan Inbow Besi dan Instalasinya

Stop kontak lantai membutuhkan inbow besi sebagai wadahnya saat ditanam di bawah lantai. Cara pemasangannya sangat mudah, Anda tinggal memasukkan inbow terlebih dahulu kemudian dicor dengan semen dan ditutup keramik.

6. Tes Kinerja Kabel Setelah Proses Instalasi

Sebelum melakukan tes, ada baiknya jika instalasi dipastikan aman dan tidak bermasalah. Fase ini merupakan pendeteksian awal, apakah arus listrik pada stop kontak bisa berjalan normal saat dicek menggunakan multitester.

7. Memasang Perangkat MCB di Panel Listrik

Mcb untuk stop kontak bisa mulai dipasang pada panel kelistrikan. Patut diperhatikan, usahakan aliran listrik telah pada pada saat proses pemasangan agar terhindar dari kemungkinan adanya korsleting hingga terkena setrum.

8. Pasang Modul Stop Kontak Setelah Keramik Terpasang

Langkah berikutnya adalah memasang modul stop kontak dengan kondisi lantai telah ditutup dengan keramik. Gunakan kabel dengan panjang 10cm hingga 15cm sesuai dengan kebutuhan agar tidak terlalu panjang atau pendek.

9. Mengetes Aliran Listrik Stop Kontak Menggunakan Multitester

Sebelum digunakan, arus listrik padabenda tersebutbisa dites terlebih dahulu apakah telah sesuai instalasi atau tidak. Proses pengecekan tersebut bisa dilakukan dengan alat elektronik seperti multitester maupun mesin bor.

Kelebihan Stop Kontak Lantai untuk Penggunaan Sehari-hari

Sebagai penghantar listrik, stop kontak yang ditanam di lantai dikenal sangat kuat karena menggunakan wadah dari besi. Pada saat ditanam, kinerja kelistrikannya juga lebih aman dan efisien dibanding model lainnya.

1. Lebih awet dan tahan lama untuk penggunaan jangka panjang

Ketahanan terhadap korosi dan kerusakan akibat korsleting, adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh stop kontak dengan metode tanam di lantai. Kandungan besinya mampu melindungi komponen dari oksidasi dan aus.

2. Mudah dipasang

Selain lebih kuat dan tahan lama, benda tersebut juga mudah dipasang secara cepat tanpa harus menggunakan instalasi yang rumit. Sangat cocok diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga hingga perkantoran.

Langkah-langkah di atas sangat mudah dilakukan oleh pemula maupun mereka yang berpengalaman. Selain unggul dari segi ketahananan, stop kontak lantai juga aman digunakan karena aliran listriknya berada di bawah tanah.

PT Mega Citra Bestari dipercayai untuk memegang lisensi distributor produk Legrand. Stop Kontak Lantai dan Aksesoris Legrand terkenal karena modelnya yang sangat modern dan kualitasnya yang superior. Temukan berbagai model Stop Kontak Lantai dan produk Legrand lainnya di PT Mega Citra Bestari. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.