PT. MEGA CITRA BESTARI

Apakah Saklar Lampu yang Terasa Panas Itu Normal?

Apakah saklar lampu yang terasa panas itu normal? Jawaban dari pertanyaan ini adalah tidak. Kondisi tersebut merupakan pertanda bahwa, ada yang salah dan harus segera diatasi agar tidak menimbulkan kebakaran.

Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa kemungkinan. Bisa jadi, ada beban berlebihan atau bisa saja, pada arus pertemuannya kotor. Hingga terdapat lapisan karbon terkena percikan api dalam proses hidup mati.

Oleh karena itu, cobalah lakukan pengecekan sekarang juga. Dengan cara membuka saklar tersebut dan melihat bagaimana keadaan kabel di dalamnya. Mungkin, sedikit kendor atau memang sejak beli tidak berstandar SNI.

Maka, ganti saja dan beli dengan label SNI. Solusi kedua adalah lihat dulu bagaimana instalasi listrik secara keseluruhan. Terutama, sistem kelistrikan yang mengarah ke saklar, lebih cepat pengecekan, sangat bagus.

Apakah Saklar Lampu yang Terasa Panas Itu Normal? Ketahui Penyebabnya

Hampir semua perangkat listrik di Rumah mempunyai satu masalah utama yaitu arus pendek, kelebihan beban, serta munculnya percikan api. Di mana, kondisi tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor.

Pengaruh utama adalah kualitasnya. Oleh karena itu, dihimbau untuk selalu membeli produk SNI. Standarnya sudah sesuai dengan tingkat keamanan yang dibutuhkan karena dalam tahap pembuatannya dilakukan pengujian.

Jadi, kemungkinan terjadi kerusakan masih ada hanya prosentasenya tipis. Diantara semua komponen tersebut, paling umum terjadi pada kabel. Karena, perangkat tersebut yang menghantar arus ke berbagai alat lainnya.

Perlu diketahui, dalam melakukan pemilihan komponen ini jangan hanya terpaku pada SNI saja. Anda harus tahu, seberapa besar arus tersebut akan terjadi. Bila memang kurang paham, dapat bertanya pada teknisi.

Biasanya setiap toko listrik, seluruh karyawannya sudah mengerti tentang kebutuhan Anda. Jadi, jangan protes bila mereka terkadang punya banyak pertanyaan. Perlu diingat, salah dalam memilih bisa menimbulkan kebakaran.

Apakah saklar lampu yang terasa panas itu normal? Bahkan juga bisa disebabkan karena kabel? Jawabannya adalah iya. Pertanda utama, kesalahan dalam pemilihan kabel adalah suhunya menjadi meningkat beberapa kali.

Hantaran panas tersebut akan terasa ke berbagai komponen lain di dalam saklar. Inilah sebabnya, saat dipegang suhunya akan berbeda. Jadi, harus dijadikan perhatian mengapa pemilihan kabel sangat penting.

Kondisi Saklar Lampu Kotor Atau Berkarat

Apakah saklar lampu yang terasa panas itu normal? Memang tidak, kondisi tersebut bisa terjadi karena kondisinya sendiri mungkin kotor. Debu dan berbagai kotoran serangga yang menempel adalah masalahnya.

Jika, dibiarkan bisa saja menjadi penyebab utama munculnya korosi. Harus diketahui, karat merupakan gangguan terbesar dan kesempatan untuk dapat diperbaiki kecil. Keadaan seperti ini membuat arus listrik tidak berjalan lancar.

Harusnya mampu berjalan menuju ke objek utama tetapi harus berhenti dalam waktu cukup lama. Secara tidak langsung, akan ada beban berlebih. Jika, diteruskan berbagai mekanisme pendukungnya ikut bermasalah.

Hal ini dapat dilihat saat Anda mencoba menyalakan sebuah lampu. Pernah bukan, saat sudah dalam posisi ON, tetapi belum juga menyala. Sehingga, perlu dilakukan satu sampai tiga kali bahkan, ditekan.

Keadaan ini sudah jadi tanda bahwa, ada yang kurang baik di dalamnya. Perlu penanganan segera lihat pula apakah saklar lampu yang terasa panas itu normal? Atau sudah melebihi batas. 

Cobalah menggantinya segera, sebenarnya keadaan ini bisa dilihat pada saat nyala lampu redup. Terangnya, bukan seperti biasanya, atau terlihat sering berkedip-kedip. Segera panggil teknisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Apakah Saklar Lampu yang Terasa Panas Itu Normal? Bahkan Terjadi Pada Merek Tertentu?

Solusi lain agar hal ini tidak terjadi adalah memilih merek yang kualitasnya sudah terjamin. Saat ini sudah banyak dijual dipasaran. Harus diakui harganya tinggi tetapi mereka menjamin punya jaminan.

Beberapa merek pilihan ada broco, di mana sudah terkenal sejak lama. Kualitasnya terbaik dengan berbagai sertifikat disematkan dalam setiap produknya. Kekuatannya dalam melindungi rumah sudah dibuktikan oleh seluruh penghuninya.

Menariknya, setiap produknya selalu memberikan teknologi canggih. Mereka paham benar bagaimana caranya memberikan perlindungan terhadap berbagai permasalahan seperti, arus listrik, atau menimbulkan percikan api hingga menyebabkan kebakaran.

Bahkan, pilihannya cukup banyak tinggal sesuaikan sendiri saja dengan kebutuhannya. Atau Anda bisa memilih keluaran dari Panasonic. Harganya jauh lebih tinggi dibandingkan Broco, hanya saja sisi kualitas ikut berbicara.

Klaim dari beberapa pengguna, dari sisi tegangan Panasonic lebih stabil sehingga, potensi menghantarkan panas kecil. Sudah memiliki sertifikat SNI. Jadi, Anda tidak perlu meragukannya lagi, selain itu awet.

Digunakan selama 10 tahun saja, kondisinya masih cukup bagus. Pilihan terakhir bisa ke Philips di mana, sertifikatnya bukan hanya Nasional Indonesia saja melainkan Internasional. Menggunakan material nomor satu.

Aman digunakan karena tidak menyebabkan panas sama sekali. Dari segi harga cukup terjangkau. Tersedia dalam berbagai model, Anda bisa membelinya baik secara offline atau online. 

Tiga pilihan diatas dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk Anda memilih, jika bingung mau mereka apa. Perlu diingat, semakin bagus produknya, tingkat keamanan yang dihasilkan juga tinggi.Oleh karena itu, cobalah untuk mulai peka sejak sekarang. Jadi, bisa dipastikan bahwa pertanyaan, “apakah saklar lampu yang terasa panas itu normal?” Jawabannya adalah tidak, kenali penyebabnya lebih lanjut.

Sebagai Distributor Legrand Surabaya di Indonesia, PT Mega Citra Bestari menjual berbagai macam produk Legrand seperti sockets, switch, aksesoris, saklar, dan lainnya yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan katalog lengkap harga lampu atau MCB Legrand kami. Kami juga menyediakan jasa pemasangan industrial lighting, commercial lighting, hospitality lighting, and residential lighting.