PT. MEGA CITRA BESTARI

Cara Memasang Saklar Lampu Dengan Benar

Cara memasang saklar lampu sebenarnya sangat mudah. Namun seringkali orang terlalu takut saat berbicara tentang listrik. Padahal jika kita mengetahui cara-caranya, tentu saja memasang saklar lampu dan berbagai ornamen listrik lainnya bukan hal yang sulit.

Namun sebelumnya, tentu saja Anda juga harus memahami terlebih dahulu bagaimana sebenarnya dasar-dasar dari sebuah rangkaian pada listrik. Jika kita paham landasannya dengan baik, maka sebenarnya menjadi seorang teknisi listrik ini bukanlah pekerjaan yang menyeramkan.

Ada beberapa macam jenis hal harus perlu Anda pahami terlebih dahulu saat sedang bicara tentang melakukan pemasangan pada sebuah saklar. Jika Anda mengikuti langkah demi langkahnya secara seksama, kami jamin Anda tidak akan kesulitan atau melakukan kesalahan saat mengerjakannya. Lantas bagaimana langkah-langkahnya tersebut? Simak beberapa penjelasannya sampai tuntas pada kesempatan yang kali ini.

Pahami Warna Kabel pada Kelistrikan Terlebih Dahulu

Bicara cara memasang saklar lampu, tentu saja kita akan bicara tentang kabel. Karena kabel inilah yang menjadi konduktor atau jalur distribusi dari listrik itu sendiri. Jadi langkah pertama yang harus Anda pahami adalah ada berapa banyak kabel utama pada instalasi listrik itu sendiri.

Perlu dipahami, sebenarnya jumlah kabel utama pada instalasi listrik hanya ada 3 buah. Biasanya kabel utama ini berisi tembaga bulat, bukan tembaga rambut. Karena daya tahan tembaga bulat ini jauh lebih tangguh. Warnanya sendiri terdiri atas warna biru, hitam, dan kuning. 

Warna biru adalah kabel yang berisikan arus positif, warna hitam untuk arus negatif,. Sedangkan warna kuning untuk arde atau netral. Namun karena seringkali orang salah memasang warna dari awalnya, sangat bagi Anda untuk melakukan pengecekan ulang dengan menggunakan tespen. 

Jika lampu tespen menyala terang, maka itu adalah kabel positif, sedangkan jika cahayanya redup, itu merupakan kabel negatif. Langkah ini perlu dilakukan jika Anda ragu akan instalasi awal dari rangkaian listriknya.

Matikan Aliran Listrik dari MCB / Meteran

Jika langkah di atas sudah dilakukan dan Anda yakin mana kabel positif dari rangkaian listrik, cara memasang saklar lampu selanjutnya adalah mematikan aliran listrik di lokasi tersebut. Hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Karena kita tidak tahu apakah ada kesalahan instalasi atau hal lainnya di bagian rangkaian listrik yang tidak terlihat. Untuk mengantisipasi berbagai resiko yang berbahaya, langkah mematikan aliran listrik ini sangat patut untuk Anda lakukan. Bahkan mereka yang sudah senior sekalipun melakukannya.

Sambungkan Kabel Terhadap Saklar

Logika instalasi listrik adalah kabel positif (biru) dan negatif (hitam) tersambung pada perangkat elektronik yang hendak dinyalakan. Misalkan pada saat hendak memasang lampu, Anda tidak perlu memikirkan kabel arde (kuning). Ambil saja kabel berwarna biru dan hitam. Kemudian pasang kedua kabel tersebut pada dudukan lampu.

Lalu setelahnya potong kabel berwarna biru di posisi tepat. Kemudian sambungkan kabel tersebut pada saklar. Jadi kabel hita biarkan saja tetap tersambung ke perangkat. Karena yang hendak kita putus disini adalah aliran listriknya. Ini merupakan inti atau dasar dari cara memasang saklar lampu yang sedang kita bahas.

Jika teknik pemasangan biasanya disesuaikan dengan jenis saklar atau switch yang Anda pilih. Namun sederhananya, Anda hanya perlu memasang ujung kabel biru dari rangkaian ke satu pole pada saklar, sedangkan pole yang lain diisi dengan kabel biru yang menuju ke lampu.

Jika sudah, tutup kembali saklar sudah Anda masukkan kabel tersebut. Pastikan tidak ada tembaga atau bagian kabel lain yang muncul keluar. Ini akan membuat switch atau saklar menjadi hangus karena pada dasarnya listrik ini memiliki suhu tinggi dan panas. Saklarnya bisa meleleh.

Nyalakan MCB dan Uji Instalasi Saklar yang Sudah Dipasang

Cara memasang saklar lampu selanjutnya adalah menyalakan MCB untuk mengembalikan aliran listrik dan kemudian menguji saklar yang sudah Anda pasang. Pastikan untuk tidak terbalik saat memasangnya. Jika sudah menyala normal, Anda hanya perlu memastikan semua kabel terbungkus solasi dengan baik.

Jika misalkan perangkat tidak menyala, bisa jadi terjadi putus pada kabel, atau pemasangan tidak sempurna. Ada juga kasus di mana kabel terlihat normal, namun ternyata tembaga bagian dalam pada kabel terputus. Inilah yang membuat perangkat tidak menyala.

Jika hal ini terjadi, Anda harus menggantinya dengan kabel yang baru. Karena agak sulit untuk menemukan titik patahan tembaga pada kabel yang Anda gunakan. Jadi prosesnya tidak akan memakan banyak waktu. Namun jika Anda memang tidak jenuh melakukannya, Anda bisa memeriksa seluruh bagian kabel untuk menemukan titik patahan.

Cara memasang saklar lampu ini sebenarnya bukan hal yang sulit jika Anda melakukannya sesuai dengan prosedur. Hanya saja beberapa kendala yang sudah kami jelaskan di atas juga harus Anda perhatikan. Tujuannya tentu saja agar proses pemasangan berjalan dengan lancar.

Untuk pemilihan saklarnya, kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan saklar dari brand bagus. Karena saklar yang biasa seringkali tidak sanggup menahan panas dari listrik yang ada di dalamnya.

Hal ini seringkali membuat per saklar menjadi rusak dan tidak berfungsi secara maksimal. Lakukan juga cara memasang saklar lampu yang sudah kami jelaskan di atas secara sistematis agar tidak terjadi kesalahan.

PT Mega Citra Bestari merupakan distributor saklar (atau switch) dengan berbagai macam merek. Temukan katalog kami untuk merek saklar sebagai berikut: