PT. MEGA CITRA BESTARI

Cara Membersihkan Saklar Listrik dengan Mudah dan Aman

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu cara membersihkan saklar listriksecara benar. Dikarenakan keberadaan saklar sebuah listrik sangat penting, maka harus dibersihkan pada periode tertentu agar tidak rusak.

Apabila saklar selalu bersih, kami menjamin ada manfaat luar biasa yaitu tidak perlu memperbaiki secara sering. Mengingat kebersihan pada saklar akan menjamin fungsi lebih baik dalam jangka panjang.

Jangan anggap remeh saklar yang tidak terawat karena akan membahayakan listrik di rumah. Hanya dengan kerusakan saklar, ternyata dapat menimbulkan percikan api bila memang terjadi korsleting terhadap kabel-kabel di tembok.

Jangan khawatir, untuk mencegah kerusakan yang terjadi akibat dari saklar tentu harus rajin membersihkan saklar. Mengingat saklar listrik bisa dipakai untuk berbagai fungsi dalam kehidupan sehari-hari khususnya di rumah sendiri.

Pada umumnya saklar digunakan untuk menghidupkan lampu sehingga wajib dirawat secara terus menerus. Namun sebelum membersihkan sebuah saklar diperlukan untuk memahami disclaimer yang kami berikan nanti pada penjelasan berikut.

Mengingat lampu selalu membutuhkan saklar untuk menghidupkan atau mematikan, mulai sekarang harus dipasang secara tepat. Inilah cara mudah untuk membersihkan sebuah saklar pada listrik dengan baik dan benar.

Cara Membersihkan Saklar Listrik, Pahami Ini Dulu!

Sebelum memutuskan untuk membersihkan sebuah saklar, Anda harus berhati-hati karena tidak bisa dilakukan sembarangan. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses membersihkan berlangsung lancar dan terjamin aman.

  • Matikan Seluruh Aliran Listrik

Pertama, matikan seluruh aliran listrik agar lebih aman ketika sedang membersihkan nantinya. Apabila tidak ingin mematikan listrik juga bukan menjadi masalah, namun Anda wajib memakai sarung tangan mencegah aliran setrum.

  • Mengelap Tangan Sampai Kering

Selain itu, sebelum melakukan bersih-bersih Anda wajib mengelap tangan sampai kering. Mengingat dalam keadaan basah aliran listrik bisa membuat tersetrum, sehingga bikin bahaya terjadi serta risiko fatalnya akan mengakibatkan cedera.

  • Mematikan Saklar ke Posisi Off

Jangan lupa mematikan saklar ke posisi off, bertujuan supaya tidak ada aliran meskipun listrik rumah masih hidup. Apabila saklar dalam keadaan off, otomatis Anda akan aman dari bahaya tersengat listrik.

Semua alat yang digunakan tidak boleh basah, sehingga cara membersihkan saklar listriksangat aman dapat dilakukan langsung. Agar mudah dalam melakukan pembersihan bagian saklar, kami akan menjelaskan lengkap di bawah.

Langsung saja agar bisa membersihkan secara benar dan aman gunakan cara berikut ini mulai dari sekarang. Pastikan semua cara dipahami dengan baik agar saklar dapat dibersihkan tanpa bantuan orang lain.

Langkah Bersihkan Saklar Listrik Secara Tepat

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan dalam membersihkan saklar listrik dengan aman tanpa ada hambatan. Berikut cara yang dapat Anda lakukan:

  • Menyiapkan Peralatan

Siapkan alat utama untuk bisa bersihkan saklar dengan kain lap kering yang halus atau memakai tissue secukupnya. Mengingat kedua alat tersebut akan membantu memudahkan saklar dibersihkan tanpa harus kesulitan.

  • Menghilangkan Debu Menggunakan Plastik

Apabila sudah menyiapkan kain lap atau tissue, selanjutnya gunakan juga plastik sebagai bahan yang mudah menghilangkan debu. Plastik juga cenderung aman karena bisa digosokkan ke noda membandel di area saklar.

  • Tuangkan Cairan Pembersih

Kemudian, tuangkan sedikit cairan pembersih layaknya alkohol, tapi tidak perlu terlalu basah. Hal ini berguna untuk membantu membersihkan seluruh noda yang menempel pada bagian saklar sampai benar-benar kinclong.

  • Membersihkan dengan Perlahan

Usap perlahan dengan memberikan penekanan ke tempat saklar yang ingin dibersihkan. Pastikan seluruh noda sidik jari, warna menguning, hingga saklar berminyak dibersihkan sampai putih kembali seperti baru.

  • Gunakan Hair Dryer untuk Mengeringkan

Gunakan hair dryer untuk mengeringkan lebih cepat, atau mengusap dengan kain kanebo jika ingin membuat saklar kering. Setelah semua langkah dilakukan secara benar, lihatlah hasilnya beberapa saat dijamin memuaskan. Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin supaya rumah selalu bersih tanpa ada noda di saklar dan sekitarnya. Dengan memahami cara membersihkan saklar listrik, sekarang Anda bisa melakukan sendiri tanpa kesulitan.

Sebagai Distributor Legrand Surabaya di Indonesia, PT Mega Citra Bestari menjual berbagai macam produk Legrand seperti sockets, switch, aksesoris, saklar, dan lainnya yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan katalog lengkap harga lampu atau MCB Legrand kami. Kami juga menyediakan jasa pemasangan industrial lighting, commercial lighting, hospitality lighting, and residential lighting.